Siswa SMPN 1 Turi Hanyut, Sekolah Mesti Punya Pengetahuan Manajemen Perjalanan dan Risiko

Kompas.com - 22/02/2020, 21:18 WIB
Ratusan siswa SMPN 1 Turi Sleman terseret arus Sungai Sempor saat mengikuti kegiatan susur sungai, Jumat (21/2/2020). KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMARatusan siswa SMPN 1 Turi Sleman terseret arus Sungai Sempor saat mengikuti kegiatan susur sungai, Jumat (21/2/2020).

KOMPAS.com - Penyelenggara kegiatan pembelajaran siswa di alam bebas yakni sekolah wajib memiliki pengetahuan tentang manajemen perjalanan dan risiko sebelum melakukan kegiatan-kegiatan yang beresiko.

Kegiatan pembelajaran siswa di alam bebas yang mengandung risiko mesti didampingi oleh pihak-pihak yang ahli di bidangnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia ( FAJI) periode 2017 - 2021, Amalia Yunita mengatakan peristiwa hanyutnya siswa SMPN 1 Turi, Sleman, Yogyakarta saat melakukan susur Sungai Sempor pada Jumat (20/2/2020) sore hingga menyebabkan korban tewas menjadi pelajaran berharga untuk Indonesia. 

Kegiatan susur sungai lanjutnya memerlukan persiapan yang matang dan menggunakan perlengkapan standar seperti pelampung dan helm.

"Walau kondisi air tidak tinggi mengingat permukaan air dapat tiba-tiba naik oleh karena berbagai faktor yang terjadi di hulu sungai yang tidak terlihat oleh mereka yang berkegiatan di hilirnya," kata Yuni saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/2/2020).

Baca juga: Kwarnas: Musibah di SMPN 1 Turi Itu Kegiatan Sekolah atau Pramuka?

Menurutnya, kegiatan di alam bebas yang mengandung risiko memerlukan pendampingan dan konsultasi dengan pihak-pihak yang ahli di bidang tersebut.

Risiko dalam berkegiatan di alam bebas bisa diminimalisir dan dikelola dengan mempelajari dan mengenali medan serta potensi bahaya yang mungkin timbul.

"Pemantauan tinggi muka air di hulu yang dikomunikasikan dengan baik saat melakukan kegiatan," ujarnya.

Semua pihak mulai dari sekolah hingga pembina kegiatan harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana menyusuri sungai dan pengetahuan sungai yang disusuri.

Pengetahuan lain yang wajib dimiliki adalah menggunakan perlengkapan keamanan yang memadai dan medan kegiatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X