Kompas.com - 08/03/2020, 19:45 WIB
Relawan yang merupakan karyawan Standard Chartered Bank Indonesia ikut memfasilitasi sesi mentoring kepada para siswi SMK di acara peluncuran Youth to Work sebagai bagian dari inisiatif the Futuremakers dari Standard Chartered. Selaras dengan fokus program Youth to Work pada pelatihan keterampilan siap kerja, sesi mentoring khusus membahas kiat-kiat dan persiapan wawancara kerja dengan kegiatan role-play bagi para siswi. Dok. Standard Chartered Bank IndonesiaRelawan yang merupakan karyawan Standard Chartered Bank Indonesia ikut memfasilitasi sesi mentoring kepada para siswi SMK di acara peluncuran Youth to Work sebagai bagian dari inisiatif the Futuremakers dari Standard Chartered. Selaras dengan fokus program Youth to Work pada pelatihan keterampilan siap kerja, sesi mentoring khusus membahas kiat-kiat dan persiapan wawancara kerja dengan kegiatan role-play bagi para siswi.

KOMPAS.com - Era Industri 4.0 kian membutuhkan lulusan yang siap kerja, yang dibuktikan dengan penguasaan sejumlah kompetensi, seperti kemampuan bahasa asing, mampu mengoperasikan komputer, mengerti tenang bisnis di era digital dan penguasaan soft skill.

Tanpa kompetensi tersebur, lulusan sekolah bahkan perguruan tinggi berpotensi sulit bersaing di tengah banyaknya pencari kerja. 

Demi menjawab tantangan tersebut, Standard Chartered Bank Indonesia meluncurkan program "Youth To Work" untuk membekali lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam hal kemampuan kerja (employability), pendidikan (education), dan kewirausahaan (entrepreneurship) di era digital.

Dengan harapan dapat mengatasi ketidaksetaraan dan mempromosikan inklusi ekonomi yang lebih besar.

Baca juga: 7 dari 10 Profesi Paling Bersinar 2022 Butuh Skill dari Jurusan Ini

Youth To Work merupakan program pelatihan siswa SMK dengan fokus pada pengembangan keterampilan Bahasa Inggris, keterampilan komputer, serta pemahaman dan keterampilan mengenai pemasaran digital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelatihan yang menjadi bagian dari program Futuremakers ini bertujuan untuk membangun kemampuan kerja dan meningkatkan peluang siswa untuk mendapatkan pekerjaan khususnya bagi pelajar sekolah kejuruan.

"Kami melihat bahwa kelangsungan pembangunan di masa mendatang bertumpu salah satunya pada penciptaan sumber daya manusia Indonesia yang andal. Di bawah payung Futuremakers dan dengan fokus lebih khusus pada pemberdayaan kemampuan siap kerja, program Youth to Work kami mulai gulirkan di Indonesia," papar Country Head of Corporate Affairs Standard Chartered Bank Indonesia Diana Mudadalam saat peluncuran Youth To Work di SMK Negeri 14, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Selama sesi pelatihan, Standard Chartered bekerja sama dengan Yayasan Mitra Mandiri untuk memilih dan menjalankan program pelatihan yang meliputi kurikulum 3L, yakni literasi Bahasa Inggris, literasi pemasaran digital dan literasi komputer.

Baca juga: 7 Skill Ini Perlu Dimiliki Mahasiswa agar Mudah Dapat Kerja

Materi dan fokus program juga secara khusus dirancang sesuai dengan kebutuhan di era industri 4.0 yang menuntut para pencari kerja untuk terampil di bidang teknologi, pengelolaan informasi, kemampuan bahasa asing, kemampuan berpikir kritis, dan pengelolaan keuangan.

Pelatihan tersebut akan dilaksanakan dalam periode 6 bulan yang berlangsung di sekolah dan dilakukan setelah jam pelajaran usai.

Di akhir pelatihan nanti, akan dipilih 10 (sepuluh) siswa unggulan dari 5 SMK untuk mengikuti program magang di divisi digital dan divisi komunikasi pemasaran di perusahaan rekanan.

Saat ini, Youth To Work baru bekerja sama dengan 5 SMK Negeri, yakni SMKN 7, SMKN 50, SMKN 33, SMKN 3 dan SMKN 32 sebagai percontohan program. Ke depannya, Youth To Work berharap dapat menjangkau lebih banyak siswa SMK.

Peluncuran program Youth to Work dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, ratusan pelajar SMK, serta karyawan Bank.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.