Cegah Corona, Unair Siapkan Ujian Skripsi Online

Kompas.com - 23/03/2020, 12:17 WIB
Untuk pertanyaan atau konsultasi personal dengan dosen juga tak perlu dengan tatap muka. Si mahasiswa bisa melakukannya melalui Personal Room. www.shutterstock.comUntuk pertanyaan atau konsultasi personal dengan dosen juga tak perlu dengan tatap muka. Si mahasiswa bisa melakukannya melalui Personal Room.

KOMPAS.com - Social distancing atau pembatasan sosial kini menjadi langkah penting dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19. Langkah tersebut membuat metode belajar satuan pendidikan termasuk perguruan tinggi telah berganti dari tatap muka menjadi daring.

Universitas Airlangga ( Unair) menjadi salah satu perguruan tinggi yang tak hanya menyiapkan pembelajaran daring, namun juga telah melakukan Ujian Tengah Semester (UTS) secara online. Ujian Skripsi pun sedang disiapkan untuk diuji dengan metode yang sama.

Ketua PIPS UNAIR Yuni Sari Amalia Ph.D mengatakan bahwa Pusat Inovasi Pembelajaran dan Sertifikasi (PIPS) Unair telah menyiapkan sistem untuk perkuliahan daring, baik berupa web platform maupun Mobile App.

“Di dalam E-learning kami ada fitur namanya BigBlueButton. Fitur ini memudahkan para dosen berinteraksi dengan mahasiswa, dan mahasiswa dengan mahasiswa,” ujar Yuni dalam laman resmi Unair, Sabtu (20/3/2020).

Baca juga: Cegah Corona, Profesor Unair Paparkan 8 Cara Tingkatkan Imun Tubuh

Yuni mengatakan bahwa fitur BigBlueButton memungkinkan kegiatan pengajaran bersifat dua arah walau dilakukan secara daring, baik secara sinkronis atau asinkronis.

Tipe sinkronis memungkinkan dosen dan mahasiswa untuk melakukan pembelajaran dua arah. Di mana dosen bisa melakukan presentasi dan mahasiswa bisa menyimak secara langsung (real time).

Sedangkan tipe asinkronis merupakan pembelajaran menggunakan "delayed response". Dalam fitur ini dosen menyiapkan materi dan diskusi, kemudian mahasiswa dapat menjawab pertanyaan dalam rentang waktu yang ditentukan.

“Setelah itu dosen dapat membaca dan memberikan feed back,” ujarnya.

Tak hanya untuk pelaksanaan perkuliahan, Yuni mengatakan bahwa fitur BigBlueButton dapat digunakan untuk ujian skripsi.

Baca juga: Akademisi Unpad: Matematika Punya Peran Cegah Virus Corona

Sehingga, ujian skripsi tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan secara daring.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X