Libur di Rumah, Penuhi Inspirasi Lewat eBook Terlaris versi Gramedia Ini

Kompas.com - 29/03/2020, 14:48 WIB
Ilustrasi seseorang membaca buku sembari menyesap teh atau kopi di saat musim dingin maupun gugur. SHUTTERSTOCK/Alena OzerovaIlustrasi seseorang membaca buku sembari menyesap teh atau kopi di saat musim dingin maupun gugur.

KOMPAS.com - Membaca buku bisa menjadi salah satu kegiatan menikmati waktu luang di rumah. Di sela-sela belajar, bekerja, maupun beribadah di rumah, membaca dapat menjadi pilihan untuk memperkaya inspirasi.

Tak hanya itu, membaca buku ternyata juga bisa menjadi obat terbaik untuk mengurangi stres. Membaca selama 30 menit memiliki efek menenangkan yang sama dengan melakukan yoga dengan durasi waktu yang sama.

Hal tersebut sudah terbukti lewat riset 2009 yang dilakukan oleh peneliti University of Sussex. Menurut peneliti, hanya dengan membaca enam menit sehari dapat menurunkan tingkat stres sebesar 68 persen.

Baca juga: Asah Kecerdasan Anak, Bacakan 5 Dongeng Klasik Terpopuler di Dunia Ini

Stres sendiri merupakan salah satu faktor dapat dapat memengaruhi imunitas tubuh. Sehingga melakukan kegiatan yang dapat mengurangi stres, seperti membaca, diharapkan dapat meningkatkan imun tubuh dalam melawan beragam wabah virus di sekitar kita.

Merangkum dari laman Gramedia Digital, berikut sejumlah buku digital (e-books) paling laris di awal tahun 2020 ini.

1. Atomic Habits

Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa karya James Clear berisi tentang kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan untuk membentuk kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk.

2. Jurnalisme Bencana, Bencana Jurnalisme

Jurnalis Ahmad Arif pergi ke Aceh pada 2004 untuk meliput berita pasca bencana tsunami. Ia kemudian membukukan apa yang ditemukannya dalam buku Jurnalisme Bencana, Bencana Jurnalisme.

Baca juga: Agar Anak Gemar Membaca, Lakukan Cara Asyik Membacakan Dongeng Ini

3. Berani Tidak Disukai

Selain ikigai (sebuah konsep kebahagiaan), Jepang juga mempunyai teori tentang mencintai diri sendiri.

Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga menulis Berani Tidak Disukai dan menjabarkan secara lengkap tentang teori tersebut sekaligus fenomena dari Jepang untuk membebaskan diri, mengubah hidup, dan meraih kebahagiaan sejati.

4. Stand and Deliver

Penulis buku Dale Carnegie terkenal berkat buku The Art of Public Speaking yang terbit pertama kali pada 1915.

Teori-teorinya tentang public speaking kemudian dikumpulkan dan dibukukan dengan judul Stand and Deliver. Buku ini berisi trik-trik klasik yang perlu dibaca mereka yang demam panggung.

5. Bumi yang Tak Dapat Dihuni

David Wallace-Wells menjabarkan tentang apa yang sedang terjadi dengan bumi yang kita huni saat ini. Betapa perubahan iklim terjadi begitu cepat—salah satunya dengan bagaimana permukaan laut yang naik sedikit demi sedikit.

Bumi yang Tak Dapat Dihuni adalah pengingat bahwa manusia sudah harus memikirkan lingkungan di sekitarnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X