Siswa Kelas V, Ayo Belajar Alat Pencernaan Manusia hingga Penyakitnya

Kompas.com - 03/04/2020, 12:12 WIB
Ilustrasi TLFurrerIlustrasi
|

KOMPAS.com - Bagi siswa kelas V SD yang saat ini sedang mengikuti pembelajaran daring, bisa belajar dari berbagai materi.

Selain dari guru, siswa juga dapat mencari referensi materi dari sumber yang kredibel. Salah satunya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), yakni Rumah Belajar Kemendikbud.

Jika sedang belajar Ilmu Pengetahuan Alam, maka berikut ini rangkuman mengenai alat pencernaan manusia untuk siswa kelas V SD dari konten Sumber Belajar Rumah Belajar Kemendikbud.

Baca juga: Siswa Kelas IV SD, Ayo Belajar Bentuk dan Fungsi Tumbuhan

Kompetensi

Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia
Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan

Pencernaan manusia

Tubuh manusia memiliki organ tubuh yang lengkap salah satunya adalah organ pencernaan. Organ pencernaan manusia terdiri dari:

  • Mulut
  • Kerongkongan
  • Lambung
  • Usus halus
  • Usus besar

Penyakit pada organ pencernaan

1. Maag (radang lambung)

Penyakit ini ditandai dengan gelaja lambung terasa perih dan mual. Penyakit maag disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur. Jika kita tidak makan pada saat lapar, lambung menjadi kosong. Akibatnya asam lambung (asam klorida) yang dihasilkan untuk mencerna makanan melukai lambung.

2. Apendisitis (radang umbai cading)

Radang pada umbai cacing ditandai dengan sakit pada perut sebelah kanan bawah dan biasanya disertai demam. Umbai cacing (apendiks) adalah tonjolan kecil pada usus buntu (sekum). Penyakit ini disebabkan adanya makanan yang masuk ke apendiks dan membusuk. Pembusukan makanan di apendiks tersebut dapat mengakibatkan radang.

3. Disentri

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X