Apa Itu Jamur? Ini Materi bagi Siswa Kelas X SMA

Kompas.com - 07/04/2020, 16:25 WIB
Ilustrasi jamur tiram. SHUTTERSTOCK/Creative FamilyIlustrasi jamur tiram.
|

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat jamur? Tentu saja pernah, karena jamur biasa hidup di tempat-tempat yang basah, lembap, di sampah, pada sisa-sisa organisme, atau di dalam tubuh organisme lain.

Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, banyak jenis jamur yang sudah dapat dibudidayakan, seperti jamur merang, jamur kuping, dan jamur tiram.

Bagi siswa kelas X SMA yang saat ini masih mengikuti pembelajaran jarak jauh, berikut ini salah satu materi Biologi mengenai jamur (fungi) dari Sumber Belajar Rumah Belajar Kemendikbud.

Baca juga: Yuk Mengenal Sistem Peredaran Darah Manusia, bagi Siswa Kelas X

Pendahuluan

Reproduksi jamur umumnya terjadi dalam dua cara, yaitu secara aseksual (perkembangbiakan vegetatif) dan secara seksual (perkembangbiakan generatif).

Begitu banyak aspek kehidupan yang berhubungan dengan jamur, misalnya dijadikan bahan makanan untuk dikonsumsi.

Kecap merupakan salah satu contoh hasil kerja jamur. Demikian pula dengan tempe yang terhidang di meja makan merupakan hasil bioteknologi konvensional dengan bantuan jamur.

Bahkan, jamur yang ada di sekeliling kita banyak terdapat jamur baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.

1. Ciri-ciri jamur

Jamur mempunyai membran inti (eukariot), tetapi tidak dapat membuat makanan sendiri karena tidak memiliki klorofil sehingga untuk mendapatkan makanannya dengan cara menyerap senyawa-senyawa organik sederhana dari lingkungan di sekitarnya (heterotrof).

Sebagian besar jamur merupakan organisme bersel banyak (multiseluler), contohnya jamur kuping (Auricularia polytricha) dan jamur merang (Volvariella volvaceae).

Tetapi, ada juga yang merupakan organisme bersel tunggal (uniseluler), contohnya jamur ragi (Saccharomyces). Jamur multiseluler ada yang berukuran makroskopis dan mikroskopis, sedangkan jamur uniseluler berukuran mikroskopis.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X