Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjaga Imun Tubuh dari Akademisi UGM

Kompas.com - 20/04/2020, 21:49 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari infeksi virus dan penyakit termasuk corona.

Kepala Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada, Deshinta Putri Mulya, menyebutkan menjaga imunitas tubuh sangat penting dilakukan di tengah pandemi virus corona.

Deshinta menjelaskan manusia memiliki dua macam imunitas yakni imunitas innate dan imunitas adaptif.

Imunitas innate merupakan imunitas alamiah yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh yang pertama kali melawan semua kuman (antigen) yang masuk ke dalam tubuh.

Sementara imunitas adaptif merupakan sistem pertahanan tubuh yang bersifat lebih spesifik yang muncul akibat adanya rangsangan patogen tertentu seperti flu, pneumonia dan lainnya.

“Keduanya menjadi bagian terpenting dari sistem imun tubuh manusia yang melindungi dari ancaman patogen,” jelas Deshinta seperti dikutip dari laman UGM.

Dokter pada KSM Penyakit Dalam RSUP Dr. Sardijito ini mengatakan terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selain mematuhi anjuran pemerintah terkait upaya pencegahan Covid-19 seperti physical distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker, langkah lain yang bisa dilakukan dengan berhenti merokok.

“Merokok bisa merusak barier fisik seperti mukosa yang menjaga zat-zat berbahaya dari luar. Selain itu, juga hindari menggunakan bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit karena dapat merusak barier fisik tubuh,” terangnya.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh agar Terbebas dari Virus Corona

Meningkatkan imunitas juga dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan nutrisi. Dia menjelaskan ada sejumlah nutrisi yang bisa memperbaiki kerja makrofag atau sel yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh.

“Makanan yang mengandung vitamin A, C, E, dan D bisa memperbaiki kerja sel imun dan kerja imun alami,”tuturnya.

Menambahkan konsumsi suplemen juga disarankan jika merasa kebutuhan vitamin belum tercukupi dari makanan sehari-hari.

Sementara untuk konsumsi imunostimulan boleh diberikan bagi mereka yang membutuhkan peningkatan daya tahan tubuh Misalnya pada orang dengan aktivitas fisik berlebih, terpaksa harus bekerja di luar rumah, atau orang dengan daya tahan tubuh yang lemah seperti orang dengan penyakit penyerta (komorbid).

Dia menyebutkan mengelola stres juga penting dilakukan. Pasalnya, stres berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Apabila seseorang stres maka tubuh akan mengeluarkan hormon untuk meredakan stres.

Namun, kondisi tersebut berefek menurunkan kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, dia mengimbau masyarakat untuk tidak mudah stres menghadapai situasi yang tidak menentu ini di tengah pandemi corona.

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga juga tidak kalah penting untuk menjaga imunitas. Olahraga sebaiknya dilakukan selama 30 menit minimal tiga kali dalam satu minggu dengan intensitas sedang.

Dengan berolahraga akan membantu memperbaiki imunitas dan mempertahankan fisik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com