Kompas.com - 20/04/2020, 21:49 WIB
Ilustrasi penanganan pasien positif Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi penanganan pasien positif Covid-19

KOMPAS.com - Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari infeksi virus dan penyakit termasuk corona.

Kepala Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada, Deshinta Putri Mulya, menyebutkan menjaga imunitas tubuh sangat penting dilakukan di tengah pandemi virus corona.

Deshinta menjelaskan manusia memiliki dua macam imunitas yakni imunitas innate dan imunitas adaptif.

Imunitas innate merupakan imunitas alamiah yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh yang pertama kali melawan semua kuman (antigen) yang masuk ke dalam tubuh.

Sementara imunitas adaptif merupakan sistem pertahanan tubuh yang bersifat lebih spesifik yang muncul akibat adanya rangsangan patogen tertentu seperti flu, pneumonia dan lainnya.

“Keduanya menjadi bagian terpenting dari sistem imun tubuh manusia yang melindungi dari ancaman patogen,” jelas Deshinta seperti dikutip dari laman UGM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dokter pada KSM Penyakit Dalam RSUP Dr. Sardijito ini mengatakan terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selain mematuhi anjuran pemerintah terkait upaya pencegahan Covid-19 seperti physical distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker, langkah lain yang bisa dilakukan dengan berhenti merokok.

“Merokok bisa merusak barier fisik seperti mukosa yang menjaga zat-zat berbahaya dari luar. Selain itu, juga hindari menggunakan bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit karena dapat merusak barier fisik tubuh,” terangnya.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh agar Terbebas dari Virus Corona

Meningkatkan imunitas juga dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan nutrisi. Dia menjelaskan ada sejumlah nutrisi yang bisa memperbaiki kerja makrofag atau sel yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.