Kompas.com - 24/04/2020, 11:50 WIB
Ilustrasi puasa SewCreamIlustrasi puasa

KOMPAS.com - Kekebalan tubuh untuk melawan virus sangat dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas asupan gizi. Itulah mengapa, puasa di tengah pandemi Covid-19 kerap dianggap sebagai tantangan.

Ketua Prodi Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) R. Dwi Budiningsari mengatakan, puasa jutsru dapat meningkatkan imunitas.

“Sejumlah penelitian menyebutkan berpuasa dapat meningkatkan imunitas. Sebaliknya, belum ada studi yang menyatakan berpuasa berisiko meningkatkan infeksi Covid-19,” jelasnya dalam laman UGM, Kamis (23/4/2020).

Menjalani puasa selama 30 hari, lanjutnya, bisa merangsang produksi sel-sel darah putih baru, sehingga mendasari regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh.

Kondisi dengan sistem kekebalan yang telah diregenerasi akan semakin memperkuat tubuh dalam menangkal berbagai infeksi bakteri maupun virus dan penyakit lainnya.

Baca juga: Pakar UGM Prediksi Optimis Penyebaran Covid-19 Berakhir 29 Mei 2020

Lalu, berpuasa juga membantu mendetoks tubuh. Membantu mengeluarkan berbagai racun yang tersimpan dalam tubuh seperti zat-zat adiktif dan aditif dalam makanan seperti pengawet dan pewarna makanan.

Puasa juga dapat mengurangi massa lemak tubuh. Lemak yang berlebih dalam tubuh dapat merusak keseimbangan sistem kekebalan tubuh manusia.

“Kalau yang kelebihan lemak bisa menurunkan berat badan maka bisa memperbaiki imunitasnya,” terangnya.

Agar manfaat sehat puasa tadi dapat dirasakan maksimal di tengah wabah Covid-19, Budiningsari memberikan sejumlah tips tentang pilihan makanan dan aktivitas yang tepat selama berpuasa.

1. Kenali kondisi tubuh

Langkah awal agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa di saat pandemi Covid-19 adalah memastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X