9 PTN Masuk Peringkat Berdampak SDGs, Ini Tanggapan Kemendikbud dan Rektor

Kompas.com - 24/04/2020, 13:11 WIB
Ilustrasi bendera Indonesia thinkstockphotosIlustrasi bendera Indonesia

KOMPAS.com - Sembilan perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) sebagai universitas yang memberi dampak terhadap program pembangunan berkelanjutan ( SDGs) dari PBB.

Sembilan perguruan tinggi Indonesia tersebut yaitu; Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), IPB University, Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Brawijaya (UB) Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (Undip) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Kesembilan universitas di Indonesia masuk dalam Times Higher Education Impact Ranking bersama 766 universitas dari 85 negara.

Tiga perguruan tinggi Indonesia bahkan masuk dalam 100 terbaik universitas yang memberikan dampak yakni; UI di peringkat 47, UGM di peringkat 72, dan IPB di peringkat 77.

Baca juga: 9 Peringkat Universitas Terbaik Indonesia Paling Berdampak versi THE

Ditjen Dikti

"Prestasi ini sangat membanggakan. Ini menunjukkan perguruan tinggi di Indonesia sangat berperan bagi pembangunan berkelanjutan, tidak hanya menjadi menara gading, namun menjadi menara air," ujar Prof. Nizam, Plt. Dirjen Dikti, di Yogyakarta, Kamis (23/4/2020) melalui rilis resmi.

Ia menambahkan, "Pengabdian perguruan tinggi Indonesia kepada masyarakat diakui dunia internasional."

Pemeringkatan "Impact Ranking" yang dilakukan THE dengan mengukur dan melihat peran perguruan tinggi di dunia melalui 17 indikator Tujuan SDGs. 

Prof. Nizam berharap prestasi ini menjadi pemacu semangat perguruan tinggi di Indonesia untuk semakin berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Sejalan dengan tujuan SDGs, maka peran dan sumbangsih perguruan tinggi Indonesia selama pandemi Covid-19 ini diharapkan juga dapat ditingkatkan mulai dari pencegahan hingga penanganan Covid-19," harap Nizam.

Rektor UI

Sebelumnya, Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro menuturkan, capaian ini merupakan salah satu pencapaian besar dan menunjukkan bahwa UI semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X