Kompas.com - 25/04/2020, 14:09 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi anak-anak zaman now, tentu agak asing dengan permainan yang satu ini. Sebab, perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadikan anak lebih suka dengan permainan atau game di ponsel pintar.

Apalagi di masa pandemi virus corona atau Covid-19 yang mengharuskan anak-anak tetap tinggal di rumah saja. Jadi sambil berakhir pekan, yuk simak info ini untuk menambah pengetahuanmu.

1. Karambol

Namanya adalah karambol. Permainan karambol hampir mirip seperti biliar. Namun dalam permainan ini, kita bisa menggunakan lempeng bulat kecil sebagai pengganti bola.

Baca juga: Kelas 1-3 SD, Ini 5 Rangkuman Sahabat Pelangi di TVRI Berikut Kesimpulannya

Untuk melontarkannya dengan cara disentil menggunakan jari. Jika kamu penasaran, maka simak informasi yang dirangkum dari akun resmi Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini.

Pada tulisan admin Instagram Kemdikbud, Sabtu (25/4/2020), nama karambol ada bermacam-macam.

Di berbagai negara, permainan ini dikenal dengan banyak nama. Seperti carrum, couronne, carum, karam, karom, karum, dan finger billiards/biliar jari.

Pada beberapa negara, permainan karambol merupakan permainan rakyat. Di Indonesia, permainan karambol biasa dijumpai pada perayaan Hari Kemerdekaan RI.

Tak hanya itu saja, permainan ini juga bisa dimainkan saat menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.

Biasanya, permainan ini dimainkan dua atau 4 orang. Dan jika orang yang kalah nantinya akan diberi hukuman dengan cara dicoret mukanya dengan bedak.

Kenapa dengan bedak? Karena di permainan ini menggunakan bedak bayi sebagai pelicin agar lempengan bulat kecil bisa melaju dengan kencang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.