Profesor UB: Gunakan Strategi "Tidak Bosan" untuk Tingkatkan Imun

Kompas.com - 28/04/2020, 20:32 WIB
Ilustrasi Sehat dan Bahagia. ShutterstockIlustrasi Sehat dan Bahagia.

KOMPAS.com - Sejatinya manusia sudah dilengkapi dengan imunitas yang berfungsi memerangi beragam virus, tak terkecuali virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Itulah mengapa, pakar Biomolekuler FMIPA Universitas Brawijaya Prof. Widodo menekankan pentingnya menjaga imunitas di masa wabah Covid-19.

"Ibaratnya rumah jika ada pencuri maka sel-sel akan menelepon polisi (sistem imun), untuk menangkap pencuri itu," jelasnya seperti dilansir dari laman Universitas Brawijaya, Selasa (28/4/2020).

Dalam diskusi daring IKA UB ke-4, Widodo menyarankan untuk menggunakan strategi "Tidak Bosan" guna meningkatkan imun tubuh.

Baca juga: Pakar UGM: Akhir Pandemi Covid-19 Mundur bila Masyarakat Nekat Mudik

Ia menjelaskan, "Tidak Bosan" merupakan singkatan dari tidur yang cukup, berpikir positif, olahraga, stres manajemen, antioksidan seperlunya dan nutrisi yang seimbang.

Tidur yang cukup

Tidur merupakan hal yang penting untuk menjaga jam biologi manusia. Jika jam biologi tidak normal, maka sistem imun juga akan melemah.

"Jika jam biologi kita sesuai atau tidur kita normal maka akan meningkatkan melatonin. Melatonin ini membuat seseorang lebih resisten terhadap berbagai serangan virus dan penyakit," imbuh Widodo.

Berpikir positif

Ia juga menjelaskan, jika seseorang berpikiran positif dan melakukan kebaikan sosial, maka di dalamnya tubuhnya akan terjadi proses perbaikan sistem imun melalui inaktifasi gen-gen inflamasi.

Baca juga: Angka Perceraian Meningkat Akibat Covid-19, Ini Saran Akademisi IPB

Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memiliki efek antiinflamasi di dalam tubuh.

Itulah mengapa, kurangnya aktivitas olahraga dapat meningkatkan risiko terkena infeksi sedang hingga tinggi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X