4 Momen Puasa Ini Tanamkan Karakter Positif pada Anak

Kompas.com - 28/04/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sejumlah ahli berpendapat, latihan berpuasa dapat dimulai saat anak berusia 5, 6, 7 atau 8 tahun, serta disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak.

Di rentang usia tersebut, anak dinilai sudah mampu secara fisik untuk menahan lapar dan haus, termasuk sudah mulai mengerti saat diajarkan beragam nilai-nilai positif berpuasa.

Dirangkum dari laman Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ada sejumlah momen selama berpuasa yang dapat menumbuhkan nilai-nilai positif pada anak.

Sehingga, orangtua perlu menghadirkan momen-momen ini dan menjelaskan maknanya kepada anak sejak dini, agar tertanam dalam pembentukan karakternya kelak. 

Baca juga: Agar Anak Kompeten, Najelaa: Beri Anak Umpan Balik, Bukan Nilai

Berikut 4 momen berpuasa yang perlu diajarkan kepada anak guna menanamkan karakter positif, menurut Sahabat Keluarga Kemendikbud:

1. Ibadah untuk lebih dekat dengan Tuhan

Bulan Ramadhan bisa menjadi momen tepat mengajak anak rutin beribadah dan menjadi lebih dekat dengan Tuhan.

Ajak dan biasakan anak menunaikan ibadah wajib maupun sunah. Ajarkan apa saja manfaat ibadah untuknya, seperti memohon kesehatan, kebahagiaan dan keselamatan di tengah pandemi corona.

Dengan demikian, diharapkan anak akan tetap rutin beribadah bukan saja saat Ramadhan, tapi juga selepasnya.

2. Sahur dan berbuka ajarkan disiplin

Ramadhan juga menjadi momen yang tepat untuk mengajari disiplin.

Baca juga: Orangtua Beri Iming-iming Agar Anak Mau Belajar, Bolehkah?

Makan dan minum selama bulan Ramadhan sudah terjadwal waktunya, yaitu saat sahur dan berbuka. Bila terlewat sedikit saja waktu saat sahur, maka anak tidak bisa makan dan minum.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X