Wabah Corona, SIMAK UI 2020 Digelar Secara Online Pakai Handphone dan Tablet

Kompas.com - 28/04/2020, 22:13 WIB
Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEANUniversitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Universitas Indonesia akan menggelar Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) 2020 secara online. Pelaksanaan SIMAK UI tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan secara offline.

"Ujian SIMAK UI akan dilakukan secara daring menggunakan perangkat ponsel pintar/tablet (Android/iOS) dengan koneksi Internet. Syarat dan ketentuan akan disampaikan melalui website penerimaan.ui.ac.id dan simak.ui.ac.id," seperti dikutip dari laman Simak UI.

Pelaksanaan ujian SIMAK UI tahun sebelumnya dilakukan tersebar di sekolah dan universitas tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. kata Kepala Humas dan Kantor Informasi Publik, Amelita Lusia, mengatakan, ujian SIMAK akan dilakukan online mengingat pandemi corona yang saat ini terjadi.

Untuk jenjang Vokasi, S1 Paralel dan S1 Reguler, SIMAK UI 2020 akan diselenggarakan pada tanggal 26 – 30 Juli 2020, jenjang S1 Kelas Internasional tanggal 19 Juli 2020, S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3 tanggal 26-30 Juli 2020, dan jenjang Profesi, Spesialis, S2, S3 tanggal 26 – 30 Juli 2020.

Sama seperti tahun sebelumnya, calon mahasiswa program vokasi dan sarjana dapat memilih lebih dari satu sampai enam prodi dalam satu kali pendaftaran dan ujian.

Pada tahun ini, UI menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI. Simak UI mengalokasikan sebesar 50 persen dari total mahasiswa yang diterima.

Baca juga: SNMPTN 2020, Ini Program Studi yang Paling Diminati di UI

Pendaftaran SIMAK UI dilakukan secara daring melalui website penerimaan.ui.ac.id. Saat ini calon pendaftar dapat membuat akun di website tersebut, sedangkan pendaftaran hanya dapat dilakukan sesuai dengan periode pendaftaran yang ditetapkan.

SIMAK UI merupakan program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua prodi dari jenjang vokasi (D3), sarjana (S1) kelas reguler, paralel, sarjana kelas internasional, sarjana kelas ekstensi/paralel bagi lulusan D3, profesi, magister spesialis, dan doktoral (S3).

SIMAK UI telah diselenggarakan sebanyak ke-11 kali sejak dilaksanakan sejak 2009 hingga tahun 2019.

Kota tempat digelarnya ujian SIMAK UI 2019 yaitu di DKI Jakarta (lima wilayah kota), Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Suarabaya, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Makassar.

Pada SIMAK UI 2019, program Studi ( Prodi) Komunikasi, khususnya Pendidikan Vokasi, menjadi prodi vokasi yang paling banyak dipilih. Sebanyak 1.815 pendaftar memilih prodi tersebut.

Untuk program S1 reguler, Prodi Hukum dipilih oleh 6.302 pendaftar dan menjadi prodi terbanyak dipilih.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X