Kompas.com - 11/05/2020, 22:37 WIB

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Polusi air di Sekitar kita yang merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Polusi air adalah perubahan keadaan di tempat penampungan air seperti lautan, danau, sungai ataupun air tanah. Berikut adalah soal dan jawaban mengenai polusi air disekitar kita untuk anak SMP sederajat

Baca juga: Langkah Prosedur Penjernihan Air Menggunakan Biji Kelor

Soal 1

Polusi air terjadi karena campir tangan manusia. Jelaskan tiga contoh aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya polusi air!

Jawaban:

Aktivitas manusia yang menyebabkan polusi air antara lain :

  1. Limbah rumah tangga Limbah rumah tangga bisa menyebabkan polusi air. Limbah rumah tangga ini bisa berupa air sabun, sampah rumah tangga dan lain sebagainya. Hal ini menjadi dampak kerusakan yang cukup besar pada air.
  2. Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan. Cara ini tidak hanya menjadikan polusi air, namun juga dapat menyebabkan pencemaran air serta dapat merusak ekosistem air.
  3. Air bekas cucian menggunakan detergen. Detergen menjadi penyebab pencemaran air. Penggunaan detergen dan pembuangan limbah detergen langsung ke dalam air akan menyebabkan pencemaran air. Hal ini juga menyebabkan organisme dan ikan-ikan mati.

Soal 2

Usaha apa yang kamu lakukan jika lingkungan di sekitarmu ditemukan polusi air?

Jawaban :

  1. Melakukan pengelolaan air limbah. Cara menanggulangi pencemaran air ialah dengan pengolahan air limbah dengan cara membuat kolam stabilisasi. Dengan demikian, air limbah pabrik yang akan dibuang tidak akan menimbulkan pencemaran air.
  2. Reboisasi. Melakukan reboisasi mampu menjaga keseimbangan air berkat adanya pohon yang akan membantu mengikat air di dalam tanah dan tentunya bisa menjadi areal resapan air.
  3. Memakai detergen ramah lingkungan. Penggunaan deterjen yang berlebihan dan membuangnya langsung ke dalam air akan bermasalah untuk ekosistem di sungai dan me mbuat ikan-ikan serta organisme yang hidup di air tidak dapat bertahan hidup.
  4. Penggunaan kompos dan pupuk organik Hal ini mampu mengurangi pencemaran air oleh nitrat dan fosfat. Kompos dan pupuk organik juga mampu memulihkan kandungan mineral yang berada di dalam tanah yang juga dapat memperbaiki struktur dan mencegah eutrofikasi. 

Soal 3

Tuliskan urutan langkah prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor dengan tepat!

Jawaban :

Langkah penjernihan air menggunakan biji kelor :

  1. Keluarkan beberapa biji dari buahnya dan lepaskan kulit luar dari biji-biji tersebut.
  2. Tumbuk biji sampai menjadi bubuk yang halus. Jangan menggunakan biji yang warnanya tidak baik (berwarna cokelat).
  3. Tambahkan 2 sendok kecil bubuk biji kelor ke dalam 1 botol air.
  4. Aduk selama 5 menit.
  5. Saringlah larutan ini melewati sebuah serbet yang bersih ke ember.
  6. Aduk cepat selama 2 menit, lalu pelan selama 10 menit.
  7. Biarkan selama 1 jam tanpa diganggu. Kotoran dan bakteri akan menempel pada bubuk biji kelor dan tenggelam ke dasar air.
  8. Tuanglah dengan hati-hati air minum yang bersih ke dalam botol atau kaleng yang bersih. Tingglakan endapan bubuk ke dasar ember.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.