Kompas.com - 18/05/2020, 20:04 WIB
Tangkapan layar Belajar dari Rumah di TVRI DOK/TVRITangkapan layar Belajar dari Rumah di TVRI

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan ACF Fest, Episode: “Andaka Janu” tayang pada pukul 09.00-09.30 WIB untuk SD kelas 4–6 pada 18 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Rangkuman Talk Show Ekologi Pangan, Belajar dari TVRI 16 Mei 2020

Berikut adalah rangkuman cerita ACF Fest, Episode: “Andaka Janu”

Cerita Putu Janu bocah 10 tahun yang tinggal bersama ibu dan adiknya yang sakit, Putu Janu bekerja memanen telur ayam di peternakan milik Pak Gede.

Adiknya sedang sakit dan Putu Janu juga ingin membayar biaya tamasya sebesar 600rb untuk sekolahnya.

Istri Pak Gede menemukan banyak telur ayam yang hilang dan mencurigai Putu Janu pencurinya, Pak Gede yang selalu ingat dengan kebaikan ayahnya Putu Janu tidak mempercayai hal tersebut.

Istri Pak Gede tidak percaya kepada Janu dan meminta Pak Gede menggantinya dengan Wayan
Ibu mengatakan sepulang sekolah Janu langsung pulang dan menjaga adiknya.

Ketika sedang memanen telur ayam, Pak Gede datang menemuinya dan melihat Janu sedang pucat. Kemudian Pak Gede mengatakan, kalau Janu ada masalah katakan pada Pak Gede karena Pak Gede dan ayahnya berteman baik.

Pak Gede mengaku bisa seperti ini juga berkat bantuan ayahnya.

Suatu ketika setelah sembahyang Pak Gede mampir ke rumah Janu dan memberikan buah untuk Janu, adik dan ibunya. Tidak berapa lama Ibu pun pulang dari kerja di sawah.

Saat Ibu sedang bersama Janu, Ibu pun berkata, "kembalikan saja." Dan Janu pun mengatakan akan mengembalikannya.

Kemudian Janu bersama adiknya datang menemui Pak Gede untuk mengembalikan telur. Pak Gede tidak memarahi Janu dan justru memeluknya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X