Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CoronART, Cara Murid Kelas 6 Sekolah Cikal Bantu Tenaga Medis Covid-19

Kompas.com - 19/05/2020, 17:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kepedulian untuk membantu sesama di tengah wabah Covid-19 sejatinya tak memandang usia. Berbekal kemampuan menggambar dan desain, enam murid Sekolah Cikal Setu sukses menggalang dana terkait corona.

Salah satu murid inisiator program penggalangan dana "CoronART" Btari mengatakan, dana yang telah terkumpul mencapai Rp 3,4 juta dan diberikan dalam bentuk APD kepada tenaga medis melalui Alumni FHUI 1995.

CoronART merupakan proyek seni murid-murid kelas 6 Sekolah Cikal Setu untuk menggalang dana. Lima murid lainnya yang tergabung dalam grup proyek ini ialah Callicia, Calya, Audrey, Khayarra, dan Priscilla.

Baca juga: Dibuka, Pendaftaran KIP Kuliah SBMPTN, SBMPN dan Mandiri PTN 2020

At first, it is for fun. Karena kita semua suka membuat desain, jadi aku memulai proyek bertemakan menggambar, dan tentunya mengajak teman-teman untuk andil dalam proyek ini,” ujar Btari dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (19/5/2020).

Wakil Kepala Sekolah Sekolah Cikal Setu Eka Wulanjari memaparkan bahwa proyek CoronART ini merupakan proyek kreatif independen yang dibuat murni dari keinginan murid-murid kelas 6 untuk mendukung upaya memerangi Covid-19.

"Awalnya murid-murid ini tidak bercerita. Saya mendengar beberapa info, salah satunya proyek CoronART. Sebagai guru, saya sangat bangga pada murid-murid, it’s girl power," papar Eka.

Baca juga: Kominfo Buka Beasiswa Online Academy 2020 Gelombang Dua, Ini Infonya

Dari apa yang mereka lakukan, lanjutnya, kegiatan ini mencerminkan salah satu dimensi kompetensi di Cikal yakni "Impactful Leading", di mana murid bisa melakukan aksi, murid memahami situasi dan melakukan sesuatu yang bermanfaat sesuai yang mereka bisa.

Berikan kesempatan anak untuk berkontribusi

Ide untuk mendapatkan dana donasi lebih besar datang dari Calya. Di tengah kebingungan akan menghasilkan gambar apa, ia justru menemukan ide untuk membuka peluang menerima permintaan dari khalayak umum guna menggalang donasi.

Proyek CoronART ini merupakan proyek kreatif independen yang dibuat murni dari keinginan murid-murid kelas 6 Sekolah Cikal untuk mendukung upaya memerangi Covid-19.CoronART, Cara Murid Kelas 6 Sekolah Cikal Bantu Tenaga Medis Covid-19 Proyek CoronART ini merupakan proyek kreatif independen yang dibuat murni dari keinginan murid-murid kelas 6 Sekolah Cikal untuk mendukung upaya memerangi Covid-19.

“Aku mempunyai motivasi, kenapa enggak kita minta saja orang untuk kasih tahu apa yang harus aku gambar. Mungkin aku enggak dapat uang untuk diriku, tapi aku dapat uang untuk berdonasi,” ucap Calya yang lebih dikenal dengan Caca.

Alhasil, keenam murid Sekolah Cikal tersebut dibanjiri pesanan. Seperti Audrey misalnya, ia bercerita telah mendapatkan 42 pesanan karikatur.

“Sejauh ini, kita sudah mencapai 42 pesanan. Tapi, Aku punya feeling akan bertambah terus, ” ujar Audrey.

Dengan harga Rp 75.000 per karya, mereka sukses menggalang dana dari kegiatan yang mereka suka untuk perangi Covid-19.

Orang tua dari Btari, Lintang Suryaningtyas mengatakan hasil dari pendapatan murid langsung disalurkan kepada tim medis Puskesmas kecamatan Gambir.

“Hasil dari upaya anak-anak kita terima, untuk ikut partisipasi donasi ke paramedis dalam rangka Covid-19, sejumlah Rp 3,4 juta rupiah dalam bentuk APD. Hari ini sudah disampaikan melalui Alumni FHUI 95 kepada Puskesmas kecamatan Gambir,” ujar Lintang.

Baca juga: Agar Anak Kompeten, Najelaa: Beri Anak Umpan Balik, Bukan Nilai

Sebagai Sekolah yang berbasis Kompetensi dan Karakter, Sekolah Cikal selalu mendukung murid-murid untuk turut berpartisipasi andil dalam masyarakat melalui berbagai cara positif.

“Kita bangga dengan apa yang mereka lakukan. Kita berharap anak-anak bisa mengenali kekuatannya dan dari situ mereka bisa berbuat sesuatu untuk lingkungan sekitarnya,” pungkas Eka.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam proyek CoronART dapat menghubungi tim CoronART di 0811-1999-63.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com