CoronART, Cara Murid Kelas 6 Sekolah Cikal Bantu Tenaga Medis Covid-19

Kompas.com - 19/05/2020, 17:30 WIB
Hasil dari pendapatan murid dari galang dana proyek CoronArt langsung disalurkan kepada tim medis Puskesmas kecamatan Gambir. Dok. Sekolah CikalHasil dari pendapatan murid dari galang dana proyek CoronArt langsung disalurkan kepada tim medis Puskesmas kecamatan Gambir.

KOMPAS.com - Kepedulian untuk membantu sesama di tengah wabah Covid-19 sejatinya tak memandang usia. Berbekal kemampuan menggambar dan desain, enam murid Sekolah Cikal Setu sukses menggalang dana terkait corona.

Salah satu murid inisiator program penggalangan dana "CoronART" Btari mengatakan, dana yang telah terkumpul mencapai Rp 3,4 juta dan diberikan dalam bentuk APD kepada tenaga medis melalui Alumni FHUI 1995.

CoronART merupakan proyek seni murid-murid kelas 6 Sekolah Cikal Setu untuk menggalang dana. Lima murid lainnya yang tergabung dalam grup proyek ini ialah Callicia, Calya, Audrey, Khayarra, dan Priscilla.

Baca juga: Dibuka, Pendaftaran KIP Kuliah SBMPTN, SBMPN dan Mandiri PTN 2020

At first, it is for fun. Karena kita semua suka membuat desain, jadi aku memulai proyek bertemakan menggambar, dan tentunya mengajak teman-teman untuk andil dalam proyek ini,” ujar Btari dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (19/5/2020).

Wakil Kepala Sekolah Sekolah Cikal Setu Eka Wulanjari memaparkan bahwa proyek CoronART ini merupakan proyek kreatif independen yang dibuat murni dari keinginan murid-murid kelas 6 untuk mendukung upaya memerangi Covid-19.

"Awalnya murid-murid ini tidak bercerita. Saya mendengar beberapa info, salah satunya proyek CoronART. Sebagai guru, saya sangat bangga pada murid-murid, it’s girl power," papar Eka.

Baca juga: Kominfo Buka Beasiswa Online Academy 2020 Gelombang Dua, Ini Infonya

Dari apa yang mereka lakukan, lanjutnya, kegiatan ini mencerminkan salah satu dimensi kompetensi di Cikal yakni "Impactful Leading", di mana murid bisa melakukan aksi, murid memahami situasi dan melakukan sesuatu yang bermanfaat sesuai yang mereka bisa.

Berikan kesempatan anak untuk berkontribusi

Ide untuk mendapatkan dana donasi lebih besar datang dari Calya. Di tengah kebingungan akan menghasilkan gambar apa, ia justru menemukan ide untuk membuka peluang menerima permintaan dari khalayak umum guna menggalang donasi.

Proyek CoronART ini merupakan proyek kreatif independen yang dibuat murni dari keinginan murid-murid kelas 6 Sekolah Cikal untuk mendukung upaya memerangi Covid-19.CoronART, Cara Murid Kelas 6 Sekolah Cikal Bantu Tenaga Medis Covid-19 Proyek CoronART ini merupakan proyek kreatif independen yang dibuat murni dari keinginan murid-murid kelas 6 Sekolah Cikal untuk mendukung upaya memerangi Covid-19.

“Aku mempunyai motivasi, kenapa enggak kita minta saja orang untuk kasih tahu apa yang harus aku gambar. Mungkin aku enggak dapat uang untuk diriku, tapi aku dapat uang untuk berdonasi,” ucap Calya yang lebih dikenal dengan Caca.

Alhasil, keenam murid Sekolah Cikal tersebut dibanjiri pesanan. Seperti Audrey misalnya, ia bercerita telah mendapatkan 42 pesanan karikatur.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X