Skema New Normal Unair, Insentif Mahasiswa hingga Praktikum Tatap Muka

Kompas.com - 09/06/2020, 08:03 WIB
Universitas Airlangga Dok. UnairUniversitas Airlangga

KOMPAS.com - Sejumlah perguruan tinggi kini tengah merancang skenario terkait kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 pada awal semester atau tahun ajaran baru yang dimulai pada September 2020.

Universitas Airlangga ( Unair) menjadi salah satu universitas yang tengah menyiapkan sejumlah skema perkuliahan untuk tahun ajaran mendatang.

Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh. Nasih menerangkan bahwa pihak rektorat tengah mempersiapkan berbagai skema perkuliahan baru semester depan.

Baca juga: 6 PTN Indonesia Masuk Daftar Kampus Terbaik Asia 2020 Versi THE

“Kita punya waktu dua bulan untuk persiapan. Mulai dari penerimaan mahasiswa baru, fasilitas, hingga insentif bagi mahasiswa akan kita pertimbangkan semua,” tutur Prof. Nasih pada Jumat (5/6/2020), seperti dilansir dari laman Unair News.

Prof. Nasih mengungkapkan bila kondisi pandemi Covid-19 belum mereda, perkuliahan daring seperti yang dijalankan pada akhir semester ini akan dijadikan sebagai evaluasi untuk memulai semester depan.

Unair juga siap bila harus kembali menggunakan model perkuliahan daring untuk kelas-kelas yang tidak memerlukan materi hand on dan praktikum bila pandemi tak kunjung membaik hingga September 2020.

Baca juga: Link Contoh Soal TPS UTBK-SBMPTN 2020 dari LTMPT

“Tapi beberapa mata kuliah sains seperti kesehatan, farmasi, biologi, kedokteran, kan praktikumnya tidak bisa secara daring. Jadi beberapa fasilitas dan laboratorium akan kami siapkan untuk beroperasi dengan model tatap muka,” imbuhnya.

Untuk kegiatan yang mengharuskan mahasiswa dan dosen bertatap muka, Prof. Nasih mengatakan praktikum dan kelas-kelas yang mengharuskan bertatap muka nantinya akan diterapkan peraturan sesuai dengan protokol Covid-19.

Beberapa di antaranya seperti pembatasan peserta kelas dalam tiap sesi praktikum, penyemprotan berkala, serta aturan cuci tangan dan masker.

Baca juga: Link Try Out Online Gratis UTBK-SBMPTN 2020 dari Kompas.com-Quipper

“Bahkan pemakaian face shield juga akan kita lakukan,” terangnya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X