Sekolah Ini Ganti Perayaan Kelulusan dengan Donasi Warga Terdampak Covid-19

Kompas.com - 18/06/2020, 17:02 WIB
Siswa SD Pangudi Luhur Bernadus Semarang merayakan kelulusan sekolah dengan mendonasikan bantuan untuk warga terdampak Covid-19. Dok/JatengprovSiswa SD Pangudi Luhur Bernadus Semarang merayakan kelulusan sekolah dengan mendonasikan bantuan untuk warga terdampak Covid-19.

KOMPAS.com - Siswa SD Pangudi Luhur Bernadus Semarang Jawa Tengah merayakan kelulusan sekolah dengan mendonasikan bantuan untuk warga terdampak Covid-19.

Kepala SD Pangudi Luhur Bruder Agustinus Marjito menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di halaman kantor Gubernur (18/6/2020).

“Biasanya kami merayakan kelulusaan dengan acara besar. Tapi kali ini harus pending semua. Sebagian besar dana yang ada kami alihkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Terutama mereka yang terdampak Covid-19,” kata Agustinus dikutip dari laman jatengprov.

Baca juga: Ganjar Pranowo Ingatkan Orangtua Jujur Saat Mengisi Data PPDB 2020

Agustinus menerangkan, hal itu sebagai bentuk keprihatinan kepada sesama. Sekaligus, sekolah dan orangtua siswa ingin mengajarkan anak-anak peduli sesama.

Ide kegiatan sosial untuk merayakan kelulusan dari kelas VI ini sebagian besar datang dari siswa. Kemudian, para guru dan orangtua siswa ikut menyepakati ide tersebut.

“Jadi anak-anak berkontribusi, orangtua berkontribusi, dan sekolah juga ikut berkontribusi,” ungkap Agustinus.

Dia menuturkan untuk perayaan kelulusan tahun lalu dilakukan dengan kegiatan perayaan seperti pentas musik, dan aneka kreativitas siswa lainnya.

Namun, tahun ini lebih mengedepankan semangat kepedulian dan keperihatinan. Semua ditangguhkan dan digantikan dengan kegiatan sosial.

Tularkan semangat positif

Siswa SD Pangudi Luhur Bernadus Semarang merayakan kelulusan sekolah dengan mendonasikan bantuan untuk warga terdampak Covid-19.DOK/Jatengprov Siswa SD Pangudi Luhur Bernadus Semarang merayakan kelulusan sekolah dengan mendonasikan bantuan untuk warga terdampak Covid-19.

Gubernur Ganjar Pranowo tak henti menaruh rasa salut terhadap aksi siswa merayakan kelulusan dengan berdonasi. Menurutnya ini hal mulia yang bisa menularkan semangat positif kepada lainnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X