Kompas.com - 22/06/2020, 17:46 WIB
Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) membuka sayembara Gara-gara Buku DOK. KPG/DELLA YULIAPenerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) membuka sayembara Gara-gara Buku

Oleh: Silvi | Penerbit KPG

KOMPAS.com - Sebuah penelitian di Belanda, dilansir dari kvbboekwerk.nl, membuktikan orang yang rutin membaca buku 25 persen lebih sehat dibandingkan orang tidak membaca buku.

Bahkan ketika penelitian ini direvisi dengan menambahkan aspek-aspek seperti tingkat pendidikan, pendapatan, dan usia orang yang diteliti, hasilnya sama.

Menurut studi tersebut, hal ini bisa terjadi karena kemampuan membaca dan memproses informasi membantu seseorang bertahan hidup dengan prinsip-prinsipnya di tengah masyarakat.

Meski mereka tidak banyak membaca buku kesehatan, minimal orang yang suka membaca akan punya kesadaran tentang kesehatan dan perawatan diri yang lebih baik.

Rasanya sudah sering kita dengar juga bahwa membaca dapat meminimalisir risiko penurunan fungsi otak, misalnya demensia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain baik untuk kesehatan, buku juga pastinya membuat pembacanya lebih bahagia, lebih punya kesadaran sosial, dan kepedulian untuk orang lain karena sudut pandangnya yang luas.

Gara-gara Buku, apalagi buku novel atau sastra, memungkinkan seseorang memainkan banyak peran. Dengan begitu, pembaca biasanya punya rasa empati yang tinggi karena ia bisa menempatkan diri dalam situasi orang lain.

Baca juga: Gen: Memanfaatkan Pengetahuan, Menyelamatkan Nyawa

Beri Buku Bagi Senyum

Berangkat dari segudang manfaat membaca buku itulah, Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) membuka sayembara Gara-gara Buku.

Tujuannya bukan saja ingin mendengarkan kisah-kisah unik tentang bagaimana sebuah buku menyentuh pembacanya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.