8 Tips Wawancara Kerja Tanpa Persiapan bagi "Fresh Graduate"

Kompas.com - 14/07/2020, 14:19 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|

KOMPAS.com - Bagi para lulusan baru ( fresh graduate) dan ingin bekerja, maka harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan minatnya.

Tetapi, bagaimana jika ternyata kamu tiba-tiba mendapat telfon untuk melakukan wawancara kerja, apa yang harus kamu lakukan?

Padahal, wawancara kerjanya di hari itu juga. Tentu kamu tidak ada persiapan sama sekali. Jadi, apa yang harus dilakukan?

Baca juga: Fresh Graduate, Ini 7 Tahapan Tes Kerja Berikut Tips Menghadapinya

Merangkum laman Rencanamu.id, ada kiat khusus atau tips yang bisa kamu lakukan dengan cepat. Jadi, jangan sampai kamu menyerah dan menolak untuk tidak hadir di sesi wawancara tersebut.

Tetapi kamu bisa membuat keadaan lebih baik, caranya dengan:

1. Penampilan pantas

Jika kamu tidak sempat menyiapkan pakaian terbaik sesuai standar perusahaan, maka kamu bisa memastikan mengenakan pakaian yang bersih dan pantas, meski biasa saja.

Kamu bisa membersihkan noda pada sepatu, cuci tangan, cuci muka agar wajah lebih segar, sisirkan rambut atau rapikan kerudung (bagi wanita), dan perbaiki tampilan baju.

Jangan sampai badan/baju berbau tidak sedap atau malah wanginya menyengat karena kebanyakan pakai parfum.

2. Browsing di internet

Sambil menunggu giliran wawancara, kamu bisa browsing mengenai perusahaan tersebut. Tetapi jika waktu mepet, maka tidak perlu memaksakan riset dadakan ini.

3. Jangan hafal semua informasi

Ketika kamu sempat membaca-baca mengenai profil perusahaan itu, maka lakukan dengan santai. Jangan memaksakan untuk membaca semua informasi. Apalagi menghafalnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X