4 Strategi Memperlancar Pembelajaran PJOK saat Pandemi

Kompas.com - 16/07/2020, 07:33 WIB
Ilustrasi ayah dan anak berolahraga bersama LightFieldStudiosIlustrasi ayah dan anak berolahraga bersama
|

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ( Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) kembali menyelenggarakan webinar, Selasa (14/7/2020).

Pada webinar itu, tema yang diambil ialah "Strategi PJJ Daring Untuk Mapel Penjas". Untuk narasumbernya ialah Adrian Iriana Perkasa dari P4TK Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling serta seorang guru.

Menurut Adrian, wabah pandemi Covid-19 telah memberikan dampak terhadap disemua sektor kehidupan manusia, termasuk sektor pendidikan.

Baca juga: Begini Panduan Pembelajaran pada Tahun Ajaran/Akademik Baru

Menghadapi kondisi seperti ini maka semua orang harus mampu melakukan perubahan, yakni mengubah kebiasaan lama dengan kebiasaan baru.

Perubahan tersebut termasuk dalam pembelajaran PJOK atau Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. "Pada kondisi seperti ini intinya adalah beradaptasi dengan keadaan yang ada," ujarnya seperti dikutip dari laman Ditjen GTK.

Untuk melakukan adaptasi itu maka perlu strategi yang pas agar bisa memperlancar kegiatan pembelajaran. Ada 4 hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan strategi.

1. Keterlibatan orang tua

Ketika dalam proses belajar dari rumah, orang tua memiliki fungsi yakni sebagai pendamping sekaligus contoh.

"Peran orang tua tentu sangat besar sekali. Sebab guru tidak bisa mengawasi secara maksimal. Maka peran orang tua sangat besar dalam pembelajaran," katanya.

2. Pemanfaatan teknologi

Dalam melakukan pembelajaran daring, pasti semua orang tidak lepas dari pemanfaatan teknologi dan jaringan internet.

Karenanya, pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah bisa menggunakan berbagai media komunikasi yang dapat digunakan sebagai alat penyampaian pembelajaran.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X