HUT ke-9 Rumah Belajar, Kemendikbud Gelar Diseminasi Serentak di 34 Provinsi

Kompas.com - 16/07/2020, 23:43 WIB
Menyambut HUT ke-9 Rumah Belajar, Kemendikbud menggelar seminar virtual bertajuk ?Sajian Pembelajaran Duta Rumah Belajar Edisi Spesial HUT Ke-9? serentak di 34 provinsi (15/7/2020). DOK. KEMENDIKBUDMenyambut HUT ke-9 Rumah Belajar, Kemendikbud menggelar seminar virtual bertajuk ?Sajian Pembelajaran Duta Rumah Belajar Edisi Spesial HUT Ke-9? serentak di 34 provinsi (15/7/2020).

KOMPAS.com - Platform Rumah Belajar yang diinisiasi Kemendikbud telah memasuki usia 9 tahun pada 15 Juli 2020. Platform ini diharapkan menjadi alternatif pembelajaran daring gratis bagi siswa, termasuk melewati masa pandemi dan memasuki era normal baru.

“Rumah Belajar pertama kali diluncurkan pada tahun 2011, berbagai inovasi pembelajaran digital terus dikembangkan agar pendidik dan peserta didik memiliki platform belajar andalan yang dapat dimanfaatkan gratis”, ujar Plt. Kepala Pusdatin Kemendikbud, Hasan Chabibie.

Dalam seminar virtual bertajuk “Sajian Pembelajaran Duta Rumah Belajar Edisi Spesial HUT Ke-9” di 34 provinsi, Hasan menyampaikan banyak hal harus diperhatikan agar semangat belajar peserta didik terjaga dalam beradaptasi dengan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Di satu sisi para guru mungkin memiliki keterbatasan dalam menyampaikan sejumlah materi. Sementara adik-adik kita yang adalah digital native juga membutuhkan informasi yang bisa mereka dapatkan di dunia maya sehingga lebih termotivasi pada saat mereka menggunakan semua media itu tadi,” terang Hasan.

Terus lakukan inovasi PJJ

Oleh karena itu, lanjut Hasan inovasi menjadi kata kunci dan TIK di sekolah bisa meningkatkan kualitas pembelajaran maupun layanan.

Pada perjalanannya dari masa ke masa, Rumah Belajar berkembang dari sekedar aplikasi digital yang menyediakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan bank soal pengayaan.

Saat ini, telah tersedia berbagai fitur pembelajaran dari sumber belajar yang menyediakan konten belajar interaktif baik itu yang berbasis video, audio, dan multimedia.

Baca juga: Kemendikbud Buka Pendaftaran Guru Penggerak, 2.800 Guru Akan Direkrut

 

Selain itu, saat ini Rumah Belajar telah memiliki Kelas Maya sebagai Learning Management System (LMS), Laboratorium Maya untuk simulasi percobaan sains digital, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra dan masih banyak lagi.

Pada perayaan HUT ke-9 ini, Rumah Belajar meluncurkan fitur baru yaitu Edugame. Edugame adalah fitur permainan interaktif yang memastikan siswa dapat memahami konsep dasar materi dengan bermain permainan digital interaktif.

Selain fitur-fitur pembelajaran untuk siswa, Rumah Belajar juga menyediakan fitur Sistem Informasi Manajemen Pelatihan TIK (SimpaTIK) yang menyediakan informasi kegiatan peningkatan kompetensi TIK untuk pembelajaran yang menargetkan guru, baik PNS maupun Non-PNS.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X