Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Anak Nasional, Kompas Gramedia Gelar Konser Virtual "Dendang Sejuta Anak"

Kompas.com - 23/07/2020, 11:46 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memaknai Hari Anak Nasional 2020, Kompas Gramedia menyelenggarakan konser virtual “Dendang Sejuta Anak” sebagai rangkaian dari kegiatan "Dendang Kencana". 

Tidak kurang dari 273 video akan tampil dalam konser ini dan seluruhnya berasal dari anak-anak berbagai wilayah di Nusantara. Program ini mengajak anak-anak seluruh Indonesia mengungkapkan perasaan serta ekspresinya melalui lagu anak.

Mereka membawakan 10 lagu anak pilihan yang merupakan kreasi dari para guru dalam ajang Lomba Cipta Lagu Anak Dendang Kencana pada 2017 sebelumnya.

Adapun konser akan ditayangkan secara khusus melalui akun youtube Dendang Kencana pada 23 Juli 2020.

Memberikan kegembiraan

Ketua Panitia, Dinartisti, menyebutkan kegiatan ini bertujuan memberikan kegembiraan bagi anak-anak serta menceritakan dunianya melalui lagu-lagu pilihan.

“Selain mendengarkan nyanyian yang menggugah hati, konser juga dirajut dengan cerita narasi terkait pengalaman bersekolah daring di masa pandemi Covid-19. Selain keceriaan, di dalamnya terkandung pula pesan kepedulian tentang bagaimana anak-anak dapat berempati kepada kawan serta lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Baca juga: Hari Anak Nasional: Anak Indonesia Gembira dan Waspada di Tengah Pandemi

Konser virtual merupakan hasil sinergi antara Bentara Budaya, Universitas Multimedia Nusantara, Majalah Bobo, Majalah Mombi, Bobo.id, serta Komunitas Dongeng Kukuruyuk.

Dalam gelaran Hari Anak Nasional, beberapa seniman dan publik figur yang akan tampil di antaranya: Ade Rai, Chicha Koeswoyo, Dian HP, Endah Laras, Inayah Wahid, Jubing Kristanto, Oppie Andaresta, Ratih Ibrahim, dan Tohpati.

Mereka akan menyampaikan pesan dan ungkapan semangatnya agar anak-anak Indonesia tetap bergembira dan berempati kendati dalam kondisi serba berketerbatasan akibat pandemi.

Dendang Kencana bergaung lagi

Dendang Kencana memiliki arti kata Dendang yang berarti nyanyian riang dan Kencana yang berarti emas, AT Mahmud, sang pemberi nama Dendang Kencana, bermaksud menyampaikan pesan bahwa ungkapan perasaan yang jujur, senang dan gembira dimiliki oleh anak-anak yang bersuara emas, melalui nyanyian.

Nama ini dijadikan nama program yang dijalankan oleh Kompas Gramedia pada tahun 1990 hingga 1996.

Dendang Kencana awal mulanya digagas oleh Penerbit Grasindo yang pada saat itu menerbitkan buku kumpulan lagu karya almarhum AT Mahmud, Daljono dan Ibu Sud.

Untuk menyebarluaskan lagu anak-anak karya para pendidik, maka diadakanlah lomba paduan suara tingkat TK dan SD. Dalam perkembangannya kegiatan ini kemudian menjadi program kegiatan Kompas Gramedia yang diperuntukkan bagi guru dan siswa TK – SD.

Saat itu animo sekolah yang berpartisipasi cukup banyak, bahkan event ini menjadi satu kerinduan bagi pihak sekolah untuk berlomba mengikuti kompetisi tersebut.

Pada penyelenggaraan Dendang Kencana IV, kegiatan dilengkapi dengan workshop musik dan vokal untuk guru TK dan SD sebagai bekal saat mereka melatih kelompok paduan suara di sekolahnya.

Baca juga: Hari Anak Nasional, Jokowi: Senyum Anak Indonesia Membuat Saya Semangat Bekerja

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com