Kompas.com - 27/07/2020, 10:36 WIB
Dalang Cilik, Muhammad Bilal Kelas 3 SD Dok. Sekolah CikalDalang Cilik, Muhammad Bilal Kelas 3 SD

KOMPAS.com - Seperti teman-teman sebayanya, Muhammad Bilal yang kini duduk di kelas 3 SD Sekolah Cikal Serpong juga senang bermain game.

Namun, ada satu hobi yang begitu disukainya, yang nyatanya belum tentu diminati oleh anak-anak lain, yaitu bermain wayang kulit.

Saking senang bermain wayang, Bilal kini dikenal sebagai Dalang Cilik dan sering kali diundang untuk pentas wayang.

Baca juga: CoronART, Cara Murid Kelas 6 Sekolah Cikal Bantu Tenaga Medis Covid-19

Ibu dari Bilal Irawati Budiningsih mengatakan, sejak kecil sang anak memang sudah menyukai kesenian tradisional. Bahkan bercita-cita melestarikan seni tradisional dengan menjadi Dalang.

“Sebetulnya Bilal juga seperti kebanyakan anak-anak lain, suka main lego, playstation, nintendo gitu ya. Tapi, hal yang tidak biasa dia sukai adalah suka bermain wayang kulit. Bilal tertarik sekali sama kesenian tradisional dari kecil. Ia ingin menjadi Dalang,” tuturnya dalam keterangan tertulis Sekolah Cikal yang diterima Kompas.com.

Setiap kali menghabiskan waktu bermain dengan Wayang, lanjut Irawati, hati Bilal menjadi sangat senang.

Bilal mengatakan, ia senang bermain wayang karena bisa membuat jalan cerita dari karakter wayang yang ia mainkan.

Baca juga: Dana KJP Plus Bulan Juli Cair Hari Ini, Berikut Jadwalnya

“Kalau aku bermain wayang itu senang banget. Soalnya aku bisa buat cerita baru, cerita buatan yang seru saat bermain wayang. Aku senang bisa menggerakkan tokoh-tokoh yang aku suka," tutur Bilal.

Dalang Cilik, Muhammad Bilal Kelas 3 SDDok. Sekolah Cikal Dalang Cilik, Muhammad Bilal Kelas 3 SD

Salah satu tokoh wayang yang paling Bilal gemari ialah Gatotkaca.

"Tokoh yang paling aku suka itu Gatotkaca, itu karakter yang paling terkenal dan the hero di wayang kulit. Aku kalo main Wayang enggak pakai timer, bisa main 3 jam, 1 jam jadinya seru deh,” imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X