Calon Mahasiswa, Pintaria Beri Dukungan Biaya Kuliah hingga 50 Persen

Kompas.com - 05/08/2020, 10:48 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri. ShutterstockIlustrasi kuliah di luar negeri.

KOMPAS.com - Dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 telah membuat sejumlah keluarga calon mahasiswa mengalami kesulitan membayar biaya kuliah.

Demi membantu calon mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi namun memiliki motivasi  dan prestasi untuk kuliah, platform pendidikan Pintaria bekerja sama dengan kampus mitra menyediakan program "Pintaria Dukung Kuliah" yang akan mensubsidi biaya kuliah hingga 50 persen.

Terdapat 5 (lima) jurusan yang bisa dipilih calon mahasiswa dalam program ini, antara lain S1 Akuntansi, S1 Hukum, S1 Manajemen, S1 Sistem Informasi dan S1 Teknik Informatika.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS 2020

Sedangkan 6 (enam) kampus yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa antara lain Sekolah Tinggi Manajemen IMMI, Sekolah Tinggi Manajemen Labora, Universitas Krisnadwipayana, Universitas MH Thamrin, Universitas Sahid, dan Universitas Suryadarma.

Kampus-kampus tersebut memiliki metode perkuliahan blended learning, yakni gabungan metode pembelajaran kelas online dan kelas tatap muka.

Sebelum pandemi Covid-19, mitra kampus Pintaria memang telah terlebih dulu menjalankan program kuliah blended learning dengan beragam keunggulan.

Baca juga: Pendaftaran Jalur Mandiri IPB Dibuka, Tanpa Syarat Nilai UTBK

Program kuliah blended learning dinilai memberikan banyak keuntungan bagi mahasiswa, antara lain:

  • Belajar online di mana saja dan kapan saja (mahasiswa hanya perlu datang ke kampus setiap hari Sabtu).
  • Jadwal belajar online yang fleksibel memungkinkan mahasiswa untuk kuliah sambil magang atau bekerja.
  • Biaya kuliah yang lebih terjangkau dan juga dapat dicicil per bulan diharapkan dapat meringankan beban orang tua pada masa pandemi ini.

Cara mengikuti program

Pendaftaran peserta program "Pintaria Dukung Kuliah" akan dibuka hingga tanggal 22 Agustus 2020 dan tes online dilakukan serentak pada 25 Agustus 2020.

Baca juga: Kemendikbud dan Indosat Sediakan Kuota Internet Murah untuk Mahasiswa

Pintaria memberikan kuota untuk 200 siswa berprestasi yang dialokasikan untuk 6 (enam) mitra kampus di Jabodetabek.

Syarat untuk mendapatkan dukungan biaya kuliah Pintaria ini adalah dengan mengikuti tes online serentak dari Pintaria dan dinyatakan lolos.

Bila terpilih, calon mahasiswa akan mendapatkan bantuan biaya kuliah hingga 50 persen selama 2 (dua) tahun atau 4 (empat) semester.

Sehingga, calon mahasiswa nantinya cukup membayar biaya awal mulai Rp 250 ribu – Rp2 juta, dan biaya kuliah bulanan sekitar Rp300 ribu - Rp650 ribu per bulan, tergantung kampus yang dipilih.

Untuk pendaftaran dan info lengkap seputar program Pintaria Dukung Kuliah, dapat dilihat melalui laman https://web.pintaria.com/dukungkuliahmu/ 



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X