Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Kuliah Terbaik dan Prospek Kerja bagi Anak IPA

Kompas.com - 14/08/2020, 09:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setelah lulus dari sekolah menengah ada yang memilih untuk bekerja, ada pula yang melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

Khusus yang ingin kuliah, tentu memilih jurusan kuliah tidak mudah. Sebab, harus disesuaikan dengan minat dan bakat. Bahkan, calon mahasiswa juga harus memikirkan nanti setelah lulus kuliah akan bekerja apa?

Bagi lulusan SMA peminatan IPA yang masih bingung mau kuliah di jurusan apa. Berikut ini panduan 7 jurusan kuliah dan prospek kerja yang dirangkum dari Rencanamu.id.

Baca juga: Anak IPS, Ini 7 Jurusan Kuliah Favorit dan Prospek Kariernya

Berikut 7 jurusan kuliah yang dapat dipilih lulusan SMA IPA. Tapi, untuk urutan pilihan tidak didasarkan pada pemeringkatan atau jumlah peminat. Hanya disusun secara acak saja.

1. Farmasi

Jurusan ini berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

Nantinya, lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

Ini akan cocok bagi kamu yang suka pelajaran: Kimia

Prospek kerja:

  • Spesialis Kimia
  • Dokter Pengobatan Preventif
  • Apoteker

2. Pendidikan Kedokteran

Bagi mahasiswa jurusan kedokteran akan mempelajari tentang penyakit serta cara-cara penyembuhan. Ada dua hal penting dalam Ilmu Kedokteran, yaitu mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan dan mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera.

Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan. Tidak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai praktik langsung pada pasien.

Ini akan cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Prospek kerja:

  • Dokter Anak
  • Dokter Kandungan dan Ginekologi
  • Dokter Pengobatan Nuklir
  • Dokter Pengobatan Olahraga.

3. Ilmu Gizi

Untuk jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia.

Ilmu Gizi juga mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Yang tak kalah penting adalah mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya.

Ini akan cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com