7 Jurusan Kuliah Terbaik dan Prospek Kerja bagi Anak IPA

Kompas.com - 14/08/2020, 09:49 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
|

KOMPAS.com - Setelah lulus dari sekolah menengah ada yang memilih untuk bekerja, ada pula yang melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

Khusus yang ingin kuliah, tentu memilih jurusan kuliah tidak mudah. Sebab, harus disesuaikan dengan minat dan bakat. Bahkan, calon mahasiswa juga harus memikirkan nanti setelah lulus kuliah akan bekerja apa?

Bagi lulusan SMA peminatan IPA yang masih bingung mau kuliah di jurusan apa. Berikut ini panduan 7 jurusan kuliah dan prospek kerja yang dirangkum dari Rencanamu.id.

Baca juga: Anak IPS, Ini 7 Jurusan Kuliah Favorit dan Prospek Kariernya

Berikut 7 jurusan kuliah yang dapat dipilih lulusan SMA IPA. Tapi, untuk urutan pilihan tidak didasarkan pada pemeringkatan atau jumlah peminat. Hanya disusun secara acak saja.

1. Farmasi

Jurusan ini berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

Nantinya, lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

Ini akan cocok bagi kamu yang suka pelajaran: Kimia

Prospek kerja:

  • Spesialis Kimia
  • Dokter Pengobatan Preventif
  • Apoteker

2. Pendidikan Kedokteran

Bagi mahasiswa jurusan kedokteran akan mempelajari tentang penyakit serta cara-cara penyembuhan. Ada dua hal penting dalam Ilmu Kedokteran, yaitu mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan dan mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera.

Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan. Tidak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai praktik langsung pada pasien.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X