Orangtua, Begini Menciptakan Lingkungan Nyaman bagi Anak Selama BDR

Kompas.com - 21/08/2020, 05:17 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Selama masa pandemi ini, sebagian besar siswa maupun anak PAUD mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau Belajar dari Rumah (BDR).

Khusus anak PAUD, meski di rumah tetap harus belajar. Tetapi, belajar yang asik atau bermain harus yang ada unsur pembelajarannya.

Tak hanya itu saja, lingkungan juga berpengaruh untuk bermain anak. Lingkungan bermain yang kondusif tidak hanya terdiri dari pengaturan fisik.

Baca juga: Orangtua, Kenali Tahapan Menulis Anak Berikut Cara Menstimulasinya

Tetapi juga mencakup bagaimana perasaan atau tanggapan anak terhadap pengaturan tersebut. Apa saja yang harus dilakuan untuk menciptakan lingkungan bermain yang nyaman bagi anak?

Melansir akun resmi Instagram Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Rabu (19/8/2020), ini yang harus dilakukan orang tua.

1. Area yang nyaman

Sediakan area bermain yang nyaman dengan sirkulasi udara bersih dan cahaya yang cukup.

Tak hanya itu saja, suhu ruangan juga harus sesuai, dan sediakan meja dan kursi belajar serta tempat untuk bergerak bebas.

2. Hindari kebisingan

Jika sudah ada tempat yang nyaman, maka harus bisa menghindari kebisingan yang dapat mengganggu konsentrasi anak.

3. Diskusi dengan anak

Selama Belajar dari Rumah (BDR), orang tua juga dapat berdiskusi dan membuat kesepakatan dengan anak tentang bagaimana menata lingkungan bermainnya.

Jadi, cobalah berdiskusi dengan anak untuk menata lingkungan bermainnya. Tentu anak akan lebih betah karena sesuai dengan keinginannya.

4. Utamakan kesehatan

Kesehatan dan keselamatan harus menjadi perhatian dasar dalam menciptakan lingkungan bermain bagi anak-anak.

5. Sediakan alat-alat bermain

Bagi orang tua harus menyediakan juga alat, bahan dan media yang dapat dieksplorasi oleh anak.

Baca juga: Tips Mengajarkan Anak Kemandirian Sejak Dini dan Manfaatnya

Dengan begitu, anak akan bisa berkreasi dengan bebas dari alat atau bahan atau media itu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X