Di DIY dan Jateng, Tim Peneliti UGM Temukan 4 Mutasi Virus Corona

Kompas.com - 03/09/2020, 11:52 WIB
Ilustrasi virus corona SHUTTERSTOCK/creativenekoIlustrasi virus corona
|

KOMPAS.com - Pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Bahkan setiap hari jumlah pasien yang terinfeksi terus bertambah banyak.

Tak hanya itu saja, virus SARS-CoV-2 juga mulai bermutasi. Seperti diketahui, mutasi D614G pada virus ini mempunyai daya infeksius 10 kali lebih tinggi telah tersebar hampir di seluruh pelosok dunia.

Untuk datanya ialah 77.5 persen dari total 92.090 isolat mengandung mutasi D614G. Sedangkan di Indonesia sendiri sudah dilaporkan sebanyak 9 dari 24 isolat yang dipublikasikan mengandung mutasi D614G.

Baca juga: Guru Besar UGM: Obat Covid Lewat Uji Klinis, Jangan Buru-Buru Diklaim

"Untuk sepertiganya terdeteksi di Yogyakarta dan Jawa Tengah," ujar Ketua Pokja Genetik FK-KMK UGM, dr. Gunadi, Sp.BA., Ph.D, seperti dikutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (2/9/2020).

Dari ribuan sampel isolat

Tim peneliti dari UGM ini telah mengambil ribuan sampel isolat dari wilayah DIY dan Jawa Tengah. Dan ditemukan ada 15 sampel yang diketahui kemungkinan bermutasi.

Tetapi setelah diuji lebih lanjut hanya didapatkan empat isolat yang dianggap bermutasi. "Dari empat sampel itu, tiga sampel dari DIY dan satu sampel dari Jawa Tengah," katanya.

Sementara anggota peneliti lainnya dari tim Laboratorium Diagnostik FK-KMK, dr. Titik Nuryastuti, M.Si., Ph.D,Sp.MK(K) juga turut memberikan penjelasan.

Yakni empat sampel isolat yang bermutasi ini setelah tim mengumpulkan seluruh sampel yang berasal dari 98 fasilitas kesehatan (faskes) di DIY dan 30 faskes di Jawa Tengah.

Menurutnya, sampel dari faskes ini diambil dari berbagai Rumah Sakit, Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

Adapun datanya ialah sampel di DIY lebih dominan, yakni:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X