Kompas.com - 05/09/2020, 17:23 WIB

KOMPAS.com - Didirikan sejak 2010, Program Studi (Prodi) Kedokteran Penerbangan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) kini telah berhasil mencetak 64 dokter spesialis kedokteran penerbangan.

Merangkum laman resmi UI, di peringatan 10 tahun berdiri, Sabtu (29/8/2020), prodi langka yang satu ini masih menjadi yang pertama dan satu-satunya di Asia.

Ketua Prodi Kedokteran Penerbangan FKUI Budi Sampurna mengatakan Kedokteran Penerbangan kerap dikenal sebagai aerospace atau aviation medicine.

Baca juga: 9 Kampus Terbaik Indonesia Versi THE World University Rankings 2021

"Prodi Kedokteran Penerbangan FKUI yang telah berdiri sejak tahun 2010 merupakan prodi yang sangat langka, dan hanya ada 5 program studi serupa di dunia," paparnya seperti dirangkum dari laman resmi UI, Sabtu (5/9/2020).

Setelah 10 tahun berdiri, lanjut dia, prodi Kedokteran Penerbangan FKUI telah berhasil mencetak 64 dokter spesialis kedokteran penerbangan.

"Para alumni kami tersebar di beragam lembaga seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perhubungan – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Pertahanan, TNI AU, beberapa rumah sakit, perusahaan evakuasi medik, maskapai penerbangan, serta institusi lainnya sesuai dengan kebutuhan yang berkembang," imbuhnya.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Mohon Kembali ke Tanah Air, Negara Membutuhkan Anda

Budi kemudian menjelaskan tentang dua tugas utama dokter spesialis kedokteran penerbangan.

Pertama, jelas dia, membina kesehatan fisik dan mental awak angkutan udara, baik itu tingkat perorangan, maupun tingkat komunitas penerbangan seperti di maskapai penerbangan, kedinasan TNI, dan Kementerian Perhubungan.

Kedua, menguji kesehatan awak angkutan udara untuk dinyatakan fit dan layak memperoleh lisensi.

Dekan FKUI Ari Fahrial Syam dalam kata sambutan di kegiatan Lustrum ke-2 Prodi Kedokteran Penerbangan FKUI mengatakan sangat mengapresiasi pencapaian berdirinya 10 tahun Prodi Kedokteran Penerbangan FKUI.

Baca juga: Cek Daftar Kampus Swasta dan Prodi yang Terima KIP Kuliah

Saat ini, kata dia, FKUI memiliki 31 Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dan Prodi Kedokteran Penerbangan FKUI menjadi salah satu PPDS yang berhasil mencetak para lulusan yang telah berkiprah di lintas lembaga yang mengurusi penerbangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.