Belajar Agama dari Rumah lewat E-learning Muslim Pertama di Indonesia

Kompas.com - 09/09/2020, 17:00 WIB
Umma Rilis uClass, E-learning Muslim Pertama di Indonesia Dok. UmmaUmma Rilis uClass, E-learning Muslim Pertama di Indonesia

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat sebagan besar kegiatan tatap muka masih harus dilakukan dari rumah, mulai dari ibadah, bekerja dan belajar.

Termasuk kegiatan pembelajaran agama, baik di lingkup pendidikan formal maupun melalui lembaga informal seperti Taman Pendidikan Al-Quran TPQ, pengajian, dan lainnya.

Untuk mempermudah anak-anak, orangtua, serta masyarakat mendapatkan pembelajaran agama selama di rumah, platform komunitas dan gaya hidup Muslim Umma merilis uClass, yakni fitur e-learning Muslim pertama di Indonesia yang memiliki kurikulum yang komprehensif.

Saat ini kelas-kelas di uClass diisi oleh lebih dari 100 Ustaz serta pemateri lainnya.

Baca juga: Siswa SMP-SMA, Aplikasi Ini Gratiskan Video Pembelajaran IPA-Matematika

CEO dan Co-Founder umma Indra Wiralaksmana menjelaskan, uClass hadir untuk membantu masyarakat jadi Muslim yang lebih baik dan produktif.

Terlebih, kata dia, di tengah pandemi masyarakat kini memiliki kebutuhan religi yang semakin meningkat.

"Melalui uClass, umat Islam bisa belajar mulai dari membaca Al-Quran hingga beragam topik lainnya," papar Indra dalam konferensi video, Rabu (9/9/2020).

Salah satu materi unggulan yang ada di uClass adalah belajar Al-Quran untuk orang dewasa dan anak-anak.

Baca juga: 7 Program Prioritas Pendidikan Mendikbud Nadiem di Tahun 2021

Kelas BBQ (Belajar Baca Qur’an) di uClass misalnya, kurikulumnya disusun secara sistematis dan dibagi menjadi beberapa jenjang yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman pengguna.

"Fitur Al-Quran di Umma tersedia gratis dan tanpa iklan. Kami berharap dengan adanya kurikulum yang sistematis di uClass, lebih banyak umat Muslim bisa belajar Al-Quran dengan mudah tanpa harus meninggalkan rumah ataupun pergi ke tempat lain khususnya di masa pandemi ini," terang Indra.

Selain belajar baca Al-Quran, imbuhnya, uClass juga memiliki beragam kelas lainnya yang dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan diri menjadi pribadi yang produktif dan lebih baik.

Baca juga: Tanamkan Budi Pekerti, Bacakan 5 Dongeng Tradisional ini Sejak Dini

“Pengembangan fitur e-learning uClass dan penyempurnaan fitur-fitur lainnya termasuk Al-Quran, doa-doa harian, live streaming dan Tanya-Jawab (Q&A) dengan Ustaz merupakan bentuk continuous improvement berdasarkan masukan dari pengguna demi menjawab berbagai kebutuhan umat Islam di Indonesia,” tambah Indra.

Muslimah public figure Oki Setiana Dewi yang hadir sebagai pembicara mengatakan bahwa Umma sangat membantunya dalam mengajarkan Al-Quran pada anak-anak.

“Banyak aktivitas akselerasi diri dan keluarga yang cukup terhambat, termasuk salah satunya anak-anak yang tidak bisa les mengaji atau ikut Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) seperti normal. Hadirnya uClass tidak hanya memudahkan belajar jadi Muslim yang produktif, tetapi juga membantu anak-anak saya untuk belajar Al-Quran lebih baik lagi, Insya Allah," paparnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X