Mahasiswa UGM Ini Terpilih Jadi Mahasiswa Berprestasi Nasional 2020

Kompas.com - 15/09/2020, 07:27 WIB
Universitas Gadjah Mada Dok. UGMUniversitas Gadjah Mada

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Nasional 2020 guna menciptakan mahasiswa unggul yang memiliki keseimbangan antara ketiga kecerdasan.

Disebutkan, tiga Kecerdasan yang menjadi bekal sumber daya manusia (SDM) unggul ialah kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

Di Pilmapres 2020, Mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada ( UGM), Rabita Madina, berhasil menyabet gelar juara 1 kategori Sarjana di Pilmapres Nasional 2020.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS 2020

Ia berhasil menjadi yang terbaik dari 443 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

"Sejujurnya, saat diumumkan sebagai pemenang sangat di luar ekspektasi dan bersyukur sekali sudah memiliki support system yang luar biasa baik dari pihak kampus dan juga teman serta keluarga," ungkap Rabita, Senin (14/9/2020), seperti dilansir dari laman UGM.

Dalam kompetisi bertema Implementasi Sustainable Development Goals itu, Rabita mengajukan gagasan kreatif berjudul "Perlindungan Kontraktor Independen Dalam Gig Economy Melalui RUU Cipta Kerja".

Gagasan yang diusung fokus terhadap perlindungan hukum bagi para pekerja yang memiliki status kontraktor independen, seperti pengemudi ojek online yang bekerja untuk perusahaan seperti gojek/grab, para dokter yang membuka praktek online di aplikasi HaloDoc, dan tenaga pendidikan yang membuka tutor di Ruangguru dan lainnya.

Baca juga: Beasiswa Penuh S1 Oxford-Cambridge University dari Jardine Foundation

Ia mengatakan hak-hak pekerja kontraktor independen belum sepenuhnya terpenuhi karena belum diatur di bawah payung hukum.

Pengadilan hubungan industrial, kata dia, juga banyak menghadapi kasus tentang status kontraktor independen.

"Apabila status tersebut dapat diatur di bawah hukum, pastinya para kontraktor independen akan lebih terlindungi," paparnya.

Mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabita Madina, berhasil menyabet gelar juara 1 kategori sarjana Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2020. Dok. UGM Mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabita Madina, berhasil menyabet gelar juara 1 kategori sarjana Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2020.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X