Tiga Tahun TikTok di Indonesia, Konten Edukasi Salah Satu yang Populer

Kompas.com - 17/09/2020, 16:27 WIB
Tiga Tahun TikTok di Indonesia, Jadi Ruang Kreasi hingga Edukasi Dok. TikTokTiga Tahun TikTok di Indonesia, Jadi Ruang Kreasi hingga Edukasi

KOMPAS.com - Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-3 di Indonesia, TikTok meluncurkan kampanye #SamaSamaDariTikTok sebagai bentuk penghargaan terhadap kreator, pelaku industri dan pengguna setia.

Kolaborasi berbagai pihak menjadikan TikTok tak hanya menghibur, namun juga memberikan rasa saling terhubung, terinspirasi hingga teredukasi, terlebih di tengah masa pandemi.

"Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kreativitas pengguna TikTok tidak hanya untuk menghibur tetapi juga memberikan rasa saling terhubung, dan saling menyemangati dalam melalui masa pandemi Covid-19 ini," papar Head of User and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra dalam konferensi daring, Kamis (17/9/2020).

#SamaSamaDariTikTok, lanjut Angga, merupakan sebuah kampanye untuk merayakan tren yang berawal dari TikTok.

Baca juga: Beasiswa Penuh S1 Oxford-Cambridge University dari Jardine Foundation

Sebelumnya, TikTok juga telah meluncurkan #SamaSamaBelajar, mencoba mengeksplorasi ranah edukasi untuk memosisikan diri sebagai salah satu media alternatif pembelajaran berbasis daring.

Tantangan #SamaSamaBelajar pun menjadi tren tersendiri dengan munculnya konten yang memberikan beragam tips, mulai dari cara mengerjakan soal matematika, trik fotografi dan video, hingga belajar bahasa asing.

Komedi, edukasi dan kuliner sebagai konten teratas

Pandemi Covid-19 yang membuat sebagian aktivitas kini dilakukan dari rumah membuat konten komedi, edukasi dan kuliner menjadi terfavorit pengguna TikTok di Indonesia.

Diam di rumah dinilai membuat para kreator senang berbagai pengetahuan dan skill, sehingga menjadikan konten edukasi sebagai salah satu konten yang paling banyak diunggah di TikTok.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS 2020

Di kesempatan berbeda, Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia, Filipina pernah menyampaikan, pihaknya berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memperbanyak konten edukasi melalui program #SamaSamaBelajar.

"Kami melihat bahwa video singkat bisa menjadi media yang tepat untuk menyampaikan materi pembelajaran, mengingat peserta didik saat ini adalah generasi Z yang hampir 100 persen konsumsi internetnya ditujukan untuk online video, karena sifat video singkat yang interaktif dan menarik," papar Donny.

Harapannya, konten-konten yang diberikan Kemendikbud melalui platform TikTok ini dapat digunakan pengguna untuk belajar dan mendapatkan informasi inspiratif.

Baca juga: UI Beri Klarifikasi soal Materi Sex Consent di PKKMB Mahasiswa Baru

Fandhy Thesia Marketing Manager TikTok Indonesia menambahkan, para kreator hingga musisi berhasil mengubah kehidupan mereka dan orang-orang sekitar mereka melalui kreativitas serta bakat yang mereka miliki bersama TikTok.

"Kami berharap ke depannya, TikTok tidak hanya tetap menjadi wadah yang menginspirasi tetapi juga menciptakan tren tidak hanya di Indonesia tetapi juga mencapai benua lain," harap Fandhy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X