Intip Biaya Kuliah S1-S2 di 3 Negara: Australia, Selandia Baru, Inggris

Kompas.com - 19/09/2020, 09:37 WIB
Gedung Opera di Sydney, Australia. ThinkstockGedung Opera di Sydney, Australia.

KOMPAS.com - Jangan biarkan pandemi mematahkan semangat kamu untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Menjadi lebih mandiri, kemampuan bahasa asing yang baik, pengalaman kerja internasional, hingga membangun jaringan luas menjadi sejumlah keunggulan studi di luar negeri.

Berdasarkan rekomendasi dari JACK Study Abroad, beberapa negara yang saat ini menjadi negara tujuan belajar favorit adalah Inggris, Australia, dan Selandia Baru.

Ketiga negara tersebut cukup sering memberikan tawaran beasiswa S1 maupun S2. Namun, berapakah kisaran biaya yang harus dikeluarkan selama masa belajar berlangsung bila tanpa jalur beasiswa?

Baca juga: Beasiswa Penuh S1 Oxford-Cambridge University dari Jardine Foundation

Berikut kisaran biaya pendidikan dan hidup bila kamu kuliah di Inggris, Australia, dan Selandia melansir JACK Study Abroad. JACK Study Abroad Indonesia merupakan konsultan pendidikan luar negeri di mana kamu bisa cari tahu info beasiswa hingga informasi kuliah ke luar negeri.

Australia

Australia adalah negara destinasi belajar yang paling populer bagi mahasiswa Indonesia, karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia.

Seiring dengan meningkatnya jumlah populasi masyarakat Indonesia di Australia setiap tahunnya, maka sudah banyak sekali komunitas masyarakat Indonesia yang terbentuk dan menetap di sana.

Di Australia sendiri terdapat 43 universitas yang tersebar dan setengah dari jumlah universitas tersebut sudah menunjuk JACK Study Abroad sebagai perwakilan resmi seperti: Australian National University, The University of Queensland, The University of Western Australia, University of Tasmania, Macquarie University, Deakin University, dan sebagainya.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang, Biaya Kuliah hingga Tunjangan Rp 22 Juta per Bulan

Untuk melanjutkan kuliah di Australia, perkisaran biaya kuliah yang dibutuhkan per tahunnya adalah sekitar Rp 300-450 juta dan biaya hidup sekitar Rp 200-300 juta.

Durasi kuliah S1 di Australia adalah 3-4 tahun. Sedangkan kuliah S2 di Australia dapat diselesaikan dalam jangka waktu 1.5-2 tahun tergantung dari jurusan yang diambil dan S3 selama 3-4 tahun.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X