Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Undip: Pentingnya Iptek bagi Ketersediaan Air Tawar

Kompas.com - 29/09/2020, 13:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sumber daya alam (SDA) yang ada di bumi harus dijaga. Seperti halnya air tawar juga penting dijaga demi masa depan.

Untuk itu, akademisi yang juga Pakar Lingkungan dari Universitas Diponegoro (Undip), Prof. Dr. Ir. Syafrudin CES MT, mengingatkan pentingnya memakai pendekatan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

Tentu untuk menjaga ketersediaan air tawar sebagai strategi mempertahankan ketersediaan air bersih di bumi. Pendekatan Iptek mendesak untuk dilakukan karena pemanfaatan air tawar sudah berlebihan.

Baca juga: Ini Alasan Kapten Tim Academy Liga Italia Kuliah di Undip

Menurut Prof. Syafrudin, ketersediaan air di bumi hanya 2,5 persen yang berupa air tawar. Dari jumlah itu, tak lebih dari 1 persen yang bisa dimanfaatkan dengan biaya rendah. Selebihnya pemanfaatannya membutuhkan biaya tinggi.

Dijelaskan, air tawar yang bisa dimanfaatkan dengan biaya rendah berupa air di danau, sungai, waduk dan sumber air tanah dangkal.

"Diperlukan upaya bersama untuk mempertahankan keberadaannya demi kelangsungan kehidupan peradaban yang sekarang dan yang akan datang," ujar Prof. Syafrudin seperti dikutip dari laman Undip, Senin (28/9/2020).

Karena itulah diperlukan pengelolaan sumber daya air yang baik berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. tentu agar ada ketersediaan air bersih yang memenuhi baku mutu berkelanjutan.

Iptek jadi dasar pengelolaan

Disamping itu, Iptek harus menjadi dasar pengelolaan, mulai dari pengaturan sumber daya air mulai dari perencanaannya, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi penyelenggaraan konservasi sumber daya air, pendayagunaan sumber daya air, sampai pengendalian daya rusak air.

Dia menilai, saat ini daya tampung lingkungan makin menurun, sementara penggunaan air untuk kebutuhan sehari-hari manusia sudah berlebihan.

Salah satu penyebab menurunnya daya dukung lingkungan bisa dilihat dari pencemaran air mulai dari hulu sampai hilir, padahal seharusnya kondisinya jernih dan layak untuk dikonsumsi.

Ada pula karena jumlah penduduk yang semakin meningkat, terjadi eksploitasi lahan secara masif tanpa memperhatikan daya tampung sehingga semua dijadikan pemukiman, dipakai kegiatan publik, mengakibatkan Daerah Aliran Sungai atau DAS menjadi kritis.

Akibatnya air tidak lagi masuk dalam struktur tanah, saat kemarau terjadi kekeringan sedangkan saat penghujan terjadi banjir. Akibat lainnya terjadi pencemaran lingkungan serta penumpukan sampah.

Karenanya, peran sungai dan danau yang tidak hanya menjadi sumber air tawar bagi masyarakat, menuntut penanganan yang bijak.

Kini sungai juga menjadi sarana transportasi, sumber air untuk irigasi dan air baku, pembangkit tenaga listrik, budi daya perikanan, sumber makanan dan minuman unsur biotik, tempat rekreasi dan olahraga, serta tempat hidup sehari-hari dan kelangsungan ekosistem menuntut penanganan yang terpadu.

"Selain danau, dikhawatirkan fungsi sungai juga terus terdegradasi. Karena itu, disarankan agar penggunaan air di sekitar DAS dibatasi," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com