Kompas.com - 02/10/2020, 12:22 WIB
Program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi 2020 Dok. KemendikbudProgram Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi 2020
|

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih membuka Beasiswa Unggulan (BU) Tahun 2020.

Hanya saja, pendaftaran BU akan ditutup pada 3 Oktober 2020. Jadi, bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa ini harus segera melakukan pendaftaran.

Menurut Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar, Beasiswa Unggulan memberi kesempatan bagi orang-orang yang bertalenta unggul untuk kuliah S1, S2, dan S3.

Baca juga: Beasiswa LPDP Kemenkeu 2020: Jadwal dan Link Pendaftaran

Karena itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi peserta BU. Melansir laman Kemendikbud, Minggu (27/9/2020), berikut ini syarat-syaratnya.

Harus berkarakter generasi penerus

Salah satu syarat untuk mendaftar BU adalah peserta diwajibkan untuk membuat esai dengan tema "Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia".

Kahar berharap, esai yang dituliskan mampu menggambarkan prestasi calon penerima BU dengan jelas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Menulis esainya harus bisa menggambarkan prestasi kalian karena kita sedang mencari karakter generasi penerus bangsa," ujarnya.

"Kami akan melihat portofolio seluruh pendaftar termasuk anak-anak di wilayah 3T. Karena beasiswa ini berskala nasional maka semua memiliki kesempatan yang sama untuk berkompetisi," terangnya.

Untuk ketentuan pendanaan, terdapat perubahan kebijakan yang perlu dicermati, yakni:

1. Beasiswa akan dikurangi/dipotong sebesar 5 persen dari keseluruhan biaya yang diberikan apabila mahasiswa memperoleh indeks prestasi kurang dari 3,00 untuk jenjang S1, dan 3,25 untuk jenjang S2/S3.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.