KILAS

Bacakan Cerita ke Anak Ternyata Dukung Perkembangan Otaknya

Kompas.com - 05/10/2020, 16:11 WIB
Tanoto Foundation menggelar e-media workshop bertajuk ?Manfaat Storytelling untuk Perkembangan Karakter Anak,? Rabu (30/9/2020). DOK. Humas Tanoto FoundationTanoto Foundation menggelar e-media workshop bertajuk ?Manfaat Storytelling untuk Perkembangan Karakter Anak,? Rabu (30/9/2020).

KOMPAS.com - Head of Early Childhood Education and Development Tanoto Foundation, Eddy Henry mengatakan untuk mendukung perkembangan otak anak bukan hanya berkaitan dengan asupan nutrisi.

Namun, perlu adanya pemberian stimulasi dan interaksi dengan anak. Salah satu bentuk stimulasi yang penting adalah dengan membacakan cerita.

“Membacakan cerita bukan hanya melatih kemampuan kognitif dan kreativitas tapi juga meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak,” kata Eddy seperti pada keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (5/10/2020).

Hal tersebut dikatakan Eddy dalam kampanye e-media workshop bertajuk “Manfaat Storytelling untuk Perkembangan Karakter Anak,” pada Rabu (30/10/2020).

Baca juga: Mahasiswa Baru, Beasiswa Penuh S1 Tanoto Foundation Masih Dibuka

Acara yang diselenggarakan Tanoto Foundation tersebut berupaya mengedukasi orangtua dan para pengasuh mengenai pentingnya membacakan cerita atau storytelling kepada anak sejak usia dini.

Adapun acara tersebut juga sebagai salah satu inisiator kampanye #IndonesiaCintaMembaca.

Lebih lanjut, Eddy menyatakan interaksi merupakan salah satu bentuk stimulasi bonding yang baik bagi anak dan orangtua sehingga perkembangan sosial-emosional anak dapat terjadi.

Meningkatkan budaya literasi sejak dini

Selain storytelling, Tanoto Foundation pun ingin meningkatkan budaya literasi masyarakat Indonesia sejak dini.

Pihaknya meyakini membaca dapat mendukung perkembangan otak anak sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya di kemudian hari.

Senada dengan Tanoto Foundation, Penggiat Literasi Indonesia Satria Dharma menambahkan perlu adanya kesadaran akan pentingnya penguasaan literasi sejak dini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X