Kompas.com - 13/10/2020, 12:51 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
|

KOMPAS.com - Menjadi seorang mahasiswa harus bisa memperbanyak ilmunya. Tak hanya di kampus, tetapi bisa dari mana saja.

Meski nilai akademik juga penting, tetapi ada faktor lain yang bisa menjadi nilai tambah bagi mahasiswa. Terlebih jika nanti telah lulus kuliah.

Bagi mahasiswa maupun para fresh graduate, meski pengalaman kerja kamu belum banyak, tetapi jika ada banyak hal dalam dirimu, maka itu jadi nilai tambah.

Tentu hal itu bakal berpengaruh pada saat kamu ikut rekrutmen pekerjaan.

Baca juga: Mahasiswa, Seperti Ini Lho Faktor Keberhasilan di Dunia Kerja

IPK mentok 4 dan pengalaman yang segudang memang bagus, tapi hal-hal ini yang bakal menentukan kamu bisa beradaptasi di dunia kerja atau tidak.

Apa saja itu? Merangkum akun Instagram Rencanamu.id, Senin (12/10/2020), ini yang harus dikuasai sebelum lulus kuliah:

Critical thinking & problem solving

Perusahaan memperkerjakan karyawan untuk membantu memecahkan masalah bisnis. Maka dari itu, asah diri untuk bisa bantu memecahkan masalah, bukan justru menambah masalah.

Sejak kuliah, kamu harus bisa ikut organisasi di kampus yang bisa mengasah keterampilan kamu dalam segala hal, termasuk memecahkan masalah.

Komunikasi

Sehebat apapun ide kamu, tapi jika disimpan sendirian tentu tidak jadi apa-apa. Cobalah belajar untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis.

Jika lisan, maka kamu harus bisa mengutarakan pendapat di forum. Atau kamu bisa membuat tulisan seperti jurnal di kampus.

Leadership

Tidak hanya sekedar memimpin orang lain, tetapi juga tentang memimpin diri sendiri. Maka kamu juga harus:

  • Membuat tujuan
  • Merencanakan
  • Fokus kerja keras
  • Evaluasi diri

Profesionalisme/etika kerja

Kamu harus memahami etika dasar seperti mengatur waktu kerja, komunikasi bisnis, hingga mengirim email ke rekan kerja.

Baca juga: Mahasiswa, Seperti Ini Tidur Berkualitas agar Lebih Sehat

Jadi, sejak kuliah di kampus kamu harus ikut organisasi di kampus. Tentu banyak hal yang bisa kamu dapatkan ketika berorganisasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.