Mahasiswa, Seperti Ini Tidur Berkualitas agar Lebih Sehat

Kompas.com - 06/10/2020, 12:08 WIB
Ilustrasi tidur RidofranzIlustrasi tidur
|

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa maupun para pekerja tentu sering lupa dengan namanya istirahat. Jika sudah sibuk, pasti lupa beristirahat.

Padahal, istirahat itu penting bagi tubuh. Terlebih yang namanya tidur. Terkadang, perkara tidur sering disepelekan.

Perlu diketahui, setiap manusia membutuhkan waktu untuk mengembalikan fungsi normal tubuh setelah seharian beraktivitas.

Baca juga: Alat Buatan Mahasiswa UB Mampu Deteksi Dini Penyakit Jantung

Namun beberapa orang mengeluh tidak bisa tidur di malam hari, atau sengaja kurang tidur karena masih banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan.

Atau bisa pula karena sederetan episode serial atau drama yang mengantre untuk ditonton hingga membentuk suatu kebiasaan.

Jadi, kalau bisa tidur malam jangan terlalu malam. Kalau bisa kamu harus menerapkan pola tidur yang baik dan berkualitas.

Beberapa peneliti kemudian mulai merumuskan apa yang disebut sebagai Pola Tidur Bersih atau Sleep Hygiene untuk membantu masyarakat menemui manfaat tidur berkualitas.

Seperti apa tidur berkualitas untuk kehidupan yang lebih sehat? Merangkum akun Instagram Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP) Kemenkeu, Senin (5/10/2020), 

Jadwal tidur

Tidur 7-8 jam adalah waktu tidur yang sangat disarankan untuk manusia dewasa. Karena dapat memulihkan keadaan lelah baik fisik maupun mental.

Tidur siang lebih awal atau tidak sama sekali! Tidur siang memang punya banyak manfaat namun bila dilakukan lebih akhir justru akan mengganggu siklus tidur malammu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X