Mahasiswa, Petik 4 Pelajaran Berharga Ini Selama di Rumah Saja

Kompas.com - 18/10/2020, 08:33 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang bisa dipetik dari pandemi Covid-19. Meski virus corona membawa dampak buruk disegala sektor, tapi ada sisi positifnya juga.

Apa saja itu? Terlebih bagi mahasiswa yang mengikuti kuliah daring, simak pelajaran berharga selama di rumah saja.

Mulai dari banyaknya waktu bersama keluarga hingga kesempatan produktif mengasah kreativitas di media sosial.

"Jangan khawatir. Yakini bahwa cara terbaik untuk belajar suatu hal baru adalah dengan keluar dari zona nyaman," ujar Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan seperti dikutip dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud, Sabtu (17/10/2020).

Baca juga: 4 Penemuan Mahasiswa Indonesia, Salah Satunya Juara 1 Tingkat Asia

Melansir akun Instagram Ditjen Dikti Kemendikbud, berikut ini 4 pelajaran berharga yang dapat dipetik oleh mahasiswa selama di rumah saja.

1. Tetap terus berkarya

Selama di rumah, mahasiswa harus memperkaya kemampuan dengan e-learning dan webinar. Asah beragam kemampuan melalui pembelajaran jarak jauh.

Sebab, ada banyak webinar atau seminar virtual yang diselenggarakan untuk meng-update ilmu dan keterampilan baru bagi mahasiswa.

2. Waktu keluarga

Kebijakan di rumah saja, maka mahasiswa bisa dapat menghabiskan quality time bersama keluarga. Mulai dari nonton TV, masak hingga olahraga bersama.

Hal ini tentu jarang dilakukan jika beraktivitas seperti biasa karena sebagian waktu dihabiskan di luar rumah.

3. Pola hidup sehat

Karena harus di rumah saja, maka bukan berarti kamu tidak bisa apa-apa. Kamu tentu lebih memerhatikan pola hidup sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X