IDI: Orang Muda Bisa Jadi Pahlawan Cegah Covid-19 Gunakan TikTok

Kompas.com - 28/10/2020, 15:02 WIB
Konferensi pers Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama dengan Good Doctor Technology Indonesia saat mengajak pemuda untuk menyebarkan kampanye #PesanPemuda lewat TikTok sebagai upaya pencegahan Covid-19 pada Rabu (28/10/2020) lewat aplikasi Zoom. DOK. ELISABETH DIANDRA SANDIKonferensi pers Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama dengan Good Doctor Technology Indonesia saat mengajak pemuda untuk menyebarkan kampanye #PesanPemuda lewat TikTok sebagai upaya pencegahan Covid-19 pada Rabu (28/10/2020) lewat aplikasi Zoom.

KOMPAS.com – Memanfaatkan momentum Hari Sumpah Pemuda, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama "Good Doctor Technology Indonesia" mengajak orang muda menyebarkan kampanye #PesanPemuda lewat TikTok.

Ketua Umum Pengurus Besar IDI Daeng Mohammad Faqih menjelaskan, Pesan Pemuda merupakan singkatan dari Program Edukasi Kesehatan untuk Pemuda sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran pandemi virus Covid-19.

“Untuk para pemuda diajak bersama-sama untuk melakukan kampanye pencegahan terhadap Covid-19 agar memutuskan mata rantai penularan Covid menjadi efektif dan berhasil dengan baik,” kata Daeng pada Rabu (28/10/2020) lewat aplikasi Zoom.

Baca juga: Dokter Bagikan 6 Tips Cegah Penularan Covid-19 di Pesantren

Dalam peluncuran kampanye ini, Daeng menyampaikan alasannya dalam memilih orang muda untuk membantu memutuskan rantai penularan Covid-19.

Jiwa kepahlawanan melawan Covid

“Pemuda di antara kelompok-kelompok usia yang lain, mobilitasnya tinggi sehingga diharapkan pemuda ini dengan mobilitas yang tinggi akan dapat membantu kampanye pencegahan yang luar biasa,” ujarnya.

Daeng menambahkan, ia yakin pemuda Indonesia memiliki jiwa kejuangan dan kepahlawanan untuk bersama-sama melakukan pencegahan melawan Covid-19.

Terlebih pemuda sangat dekat dengan penggunaan internet, salah satunya dalam menggunakan aplikasi TikTok.

Pada Februari 2020, Head of Public Policy TikTok Indonesia Donny Eryastha mengatakan bahwa pengguna TikTok di Indonesia didominasi oleh remaja dengan usia 14 sampai 24 tahun.

Maka dari itu, IDI dan Good Doctor memilih platform ini sebagai tempat mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, dan Menjaga jarak) dalam kehidupan sehari-hari.

Cegah covid-19 dengan “Baik”

Survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2020 menunjukkan, kelompok usia muda (17 – 30 tahun) meyakini bahwa sangat tidak mungkin terinfeksi atau tertular Covid-19.

Padahal pemuda juga memiliki risiko tinggi terkena Covid-19 bila tidak melakukan protokol kesehatan dengan baik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X