Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kegiatan Asyik Liburan di Rumah Tanpa Harus Mudik

Kompas.com - 30/10/2020, 16:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Libur panjang minggu ini banyak yang dimanfaatkan untuk liburan. Bahkan ada pula yang pergi ke luar kota untuk mudik.

Meski demikian, pandemi Covid-19 di Indonesia belum mereda. Semua masyarakat tetap diimbau untuk tetap tinggal di rumah. Bahkan ketika libur panjang ini.

Melansir akun Instagram Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Kamis (29/10/2020), berikut ini ajakan dari pemerintah untuk tidak mudik.

Jadi, bagi siswa yang sedang liburan harus bersabar dan memanfaatkan waktu libur untuk aktivitas positif di rumah bersama keluarga.

Baca juga: Siswa, Yuk Mengenal Profesi di Bidang Penerbangan

Tentu ini sebagai upaya mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 selama libur panjang dengan quality time bersama keluarga atau teman tanpa harus liburan.

Namun, semua juga tetap menerapkan protokol kesehatan yakni 3M dan menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Berikut alternatif liburan di rumah atau kegiatan asyik yang bisa kamu lakukan bareng keluarga di rumah:

1. Agendakan kegiatan asyik di rumah

Coba buatlah daftar kegiatan seru setiap hari untuk mengusir bosan selama libur panjang. Misalnya dengan memasak, membaca buku, main gim online, atau nonton film.

Bisa juga dengan berkebun dan berolahraga bisa menjadi alternatif seru ketika liburan di rumah. Atau dengan refreshing otak sebelum kembali beraktivitas.

2. Video call

Saat ini, video call sudah menjadi hal yang wajar di masyarakat. Jadi, daripada mudik lebih baik tidak melakukan pertemuan tatap muka.

Namun diganti dengan video call. Bisa menghubungi keluarga di kampung, atau teman untuk saling bertukar kabar serta tetap menjaga kesehatan mental akibat pandemi.

3. Coba wisata virtual

Kini, berwisata tidak harus ke objek wisatanya dan tidak perlu uang transport. Bahkan tidak perlu takut tertular Covid-19 karena sekarang ada wisata virtual. Di Jakarta, kamu bisa menjelajahi kota Jakarta termasuk Monas, Dufan, hingga museum.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com