Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Karier Program Studi Keuangan dan Perbankan

Kompas.com - 31/10/2020, 14:55 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat pandemi Covid-19, keahlian mengatur uang pun menjadi salah satu literasi yang penting untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Pada Agustus 2020, Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menyayangkan rendahnya tingkat literasi keuangan di Tanah Air.

Ia mengatakan hal tersebut berdasarkan data dari survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019 yang menunjukkan tingkat literasi keuangan di Indonesia baru sampai 38 persen.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film Sesuai Jurusan untuk Temani Libur di Rumah

Selain tingkat literasi keuangan Indonesia masih rendah, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings pun meluncurkan daftar jurusan dan peluang karier yang paling banyak dicari pada 2020.

Hasilnya, turunan program studi (prodi) keuangan dan perbankan seperti jurusan akuntasi serta bisnis masuk ke dalam daftar tersebut.

Untuk menguasai literasi keuangan untuk pintar mengatur uang, siswa dapat mempertimbangkan untuk masuk ke prodi keuangan dan perbankan.

Prodi yang selalu dibutuhkan

Dalam program studi keuangan dan perbankan, mahasiswa akan mempelajari ilmu terkait keuangan, khususnya pengelolaan keuangan di sektor perbankan.

Melansir Rencanamu.id, mahasiswa prodi ini dapat mempelajari operasional perbankan, baik bank konvensional maupun syariah, seperti tugas frontliner maupun backoffice.

Contoh tugas frontliner adalah teller dan customer services sedangkan kerja backoffice seperti administrasi, akuntansi, serta audit.

Pada bidang keuangan, mahasiswa akan belajar bagaimana melihat kesempatan untuk melakukan investasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com