Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerima Beasiswa Chevening Putuskan Tetap Berangkat ke Inggris, Ini Alasannya

Kompas.com - 04/11/2020, 11:32 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, beberapa penerima beasiswa Chevening tetap memutuskan untuk berangkat mengeyam pendidikan ke Inggris demi memperoleh relasi dan pengalaman.

Rifan Bachtiar salah satunya. Ia melihat bahwa pembelajaran jarak jauh memang pilihan yang lebih aman saat pandemi Covid-19, tetapi ada kesempatan yang hilang.

"Tidak bisa dipungkiri pembelajaran jarak jauh merupakan opsi yang aman, tetapi saya melihat akan ada banyak kesempatan yang hilang," ujar Rifan kepada Kompas.com.

Baca juga: Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Pahami Dulu 5 Tips Ini

Pasalnya, mahasiswa magister (S2) di Cardiff University ini sudah memiliki rencana untuk mengikuti organisasi, kegiatan, maupun acara tertentu, termasuk bermagang.

"Saya berharap untuk dapat mengikuti program magang (internship) bersama pemerintah kota setempat. Selain untuk mengaplikasikan apa yang telah dipelajari di kelas di praktik nyata, kegiatan ini juga bermanfaat untuk membangun jejaring," imbuh Rifan. 

Tidak hanya sampai di situ, Rifan juga ingin berpartisipasi dalam festival bertema seni dan kebudayaan Inggris serta konferensi perubahan iklim terbesar di dunia, yaitu The 26th United Nations Climate Change Conference of Parties (COP26) di Glasgow, Skotlandia.

Namun untuk menyesuaikan dengan keadaan yang ada, Rifan pun harus mengundur ataupun membatalkan beberapa kegiatan dari daftar panjangnya.

Selain Rizal, Nadhila Renaldi juga tidak mau kehilangan pengalaman berkuliah secara tatap muka di Inggris secara langsung. 

Mahasiswi jurusan Public Policy di London School of Economics and Political Science ini bahkan bisa mengikuti perkuliahan tatap muka.

"Saya termasuk yang beruntung dikarenakan masih diperbolehkan untuk ke kampus dan menerima pembelajaran secara tatap muka, sehingga ekspektasi saya terpenuhi," "kata Nadhila.

Meski begitu, mahasiswi yang akrab disapa Dhea ini berharap agar situasi pandemi bisa membaik sehingga memungkinkan adanya pertemuan tatap muka dengan komunitas Chevening Global. 

Layanan kesehatan di Inggris

Selain khawatir kehilangan pengalaman, Dhea sendiri tetap yakin untuk berangkat karena protokol kesehatan di Inggris menurutnya sudah berjalan dengan baik. 

"Di sisi lain protokol kesehatan di United Kingdom (Inggris) juga berjalan dengan sangat baik karena dilengkapi sistem tracing (penelururan), Free-Covid Testing (tes Covid gratis), isolation period (periode isolasi), 'rule of six', dan lainnya," jelas Dhea. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com