Kompas.com - 05/11/2020, 15:20 WIB
Dosen Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Tomy Abuzairi berhasil mengembangkan termometer otomatis yang bermanfaat melakukan screening Covid-19. DOK. UIDosen Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Tomy Abuzairi berhasil mengembangkan termometer otomatis yang bermanfaat melakukan screening Covid-19.

KOMPAS.com - Dosen Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia berhasil mengembangkan termometer otomatis yang bermanfaat melakukan screening Covid-19.

"Pada era normal baru, merupakan hal yang lumrah dilakukan pemeriksaan suhu. Pada umumnya menggunakan termometer gun atau handheld, yang mana membutuhkan seorang operator untuk mengoperasikannya," ujar Tomy Abuzairi, inovator termometer ini.

Tomy mengungkapkan, menurut penelitian termometer yang membutuhkan operator tersebut biasanya kurang optimal, karena tergantung subjektifitas dari operator.

Selain itu, jarak yang dekat dengan operator termometer juga menyebabkan operator rentan tertular Covid-19 dari pengunjung.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Tomy membuat terobosan dengan menciptakan termometer otomatis tanpa memerlukan bantuan operator.

Baca juga: UI Terbaik di Indonesia Versi U.S News & World Report

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Termometer otomatis tersebut dilengkapi dengan sensor jarak, sehingga ketika jarak orang yang ingin diukur suhunya sudah dekat, maka sensor suhu akan mulai mengukurnya.

Termometer itu dilengkapi dengan LED hijau dan merah untuk memberi tahu suhu tubuh.

Jika suhu tubuh normal maka LED hijau menyala, sedangkan jika suhu tubuh tinggi maka LED merah dan alarm menyala selama lima detik.

Tomy menambahkan selain dapat mendeteksi otomatis, alat itu juga didesain supaya memiliki harga terjangkau.

"Untuk pembuatan purwarupa alat ini, dibutuhkan biaya sekitar Rp 500.000," terang dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X