Lewat “Hero Virtual Run”, Pelari Bisa Jadi Pahlawan Pendidikan

Kompas.com - 10/11/2020, 17:36 WIB
Ilustrasi lari shutterstockIlustrasi lari

KOMPAS.com - Tingkat literasi Indonesia nyatanya masih berada di posisi rendah ketimbang sejumlah negara. Program for International Student Assessment (PISA) mengungkap, Indonesia berada di posisi 62 dari 70 negara.

Senada dengan PISA, riset Central Connecticut State University (CCSU) menemukan minat baca masyarakat Indonesia berada di urutan bawah, posisi ke-60 dari 61 negara.

Salah satu penyebab minimnya minat baca adalah karena kurangnya akses untuk membaca buku bagi anak-anak di Indonesia.

Di Jakarta Selatan misalnya, menurut Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Selatan Muh. Roji, rendahnya angka literasi di Jakarta Selatan salah satunya disebabkan oleh minimnya akses anak usia belajar terhadap buku pelajaran.

Baca juga: 4 Kampus Terbaik Indonesia Bidang Ilmu Kesehatan Versi THE WUR 2021

Untuk meningkatkan kepedulian terhadap akses buku anak, sekaligus memperingati Hari Pahlawan Nasional, Universitas Pertamina (UP) menggelar kegiatan Hero Run UP Virtual Run 2020.

Lewat program ini, masyarakat diajak menyumbang buku melalui kegiatan berlari.

Roji mengucapkan apresiasi kepada Universitas Pertamina dan para pelari yang memberikan perhatian bagi pendidikan.

"Semoga melalui program Hero Run UP, bisa terkumpul buku-buku untuk anak-anak sekolah di Jakarta Selatan," harapnya.

Sementara itu, Rektor UP Prof. Akhmaloka mengatakan tujuan utama Hero Run UP adalah memberikan bantuan buku pelajaran kepada anak-anak sekolah di wilayah Jakarta Selatan.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

"Melalui kegiatan virtual run, para peserta Hero Run UP otomatis menyumbang buku untuk setiap kilometer yang ditempuh pelari," ujar Prof. Akhmaloka dalam sambutan peluncuran Hero Run UP Virtual Run 2020, Selasa (10/11/2020).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X