Kompas.com - 13/11/2020, 17:52 WIB
Gunung Merapi terlihat dari Dukuh Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (10/11/2020). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIGunung Merapi terlihat dari Dukuh Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (10/11/2020).
|

KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang tinggal di daerah Yogyakarta, khususnya Kabupaten Sleman tentu akhir-akhir ini merasakan gerah atau panas.

Namun hal ini terjadi sejak Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III) pada Kamis (5/11/2020).

Namun, sebelum mengambil tindakan untuk menyebarluaskan informasi tentang cuaca Jogja yang panas dan status Merapi meningkat itu, sebaiknya pahami dulu informasinya dengan baik.

Terlebih bagi mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII), kampus terpadu UII berada di lereng Gunung Merapi tepatnya di Jalan Kaliurang Km 14,5 Sleman.

Baca juga: Alumni UII: Fresh Graduate Ingin Cari Kerja, Lakukan Hal Ini

Maka harus paham mengenai status Gunung Merapi. Yakni tingkatan dari level I hingga level IV. Melansir akun Instagram UII, Selasa (10/11/2020), berikut empat tingkat status Gunung Merapi. Informasi ini juga bersumber dari https://merapi.bgl.esdm.go.id/

Normal

Pada kondisi normal, aktivitas gunung Merapi berdasarkan data pengamatan instrumental dan visual tidak menunjukkan adanya gejala yang menuju pada kejadian letusan.

Untuk kondisi ini, Gunung Merapi berada di level I (Normal) dan semua aktivitas yang berada di lereng Merapi diperbolehkan.

Waspada

Aktivitas Merapi berdasarkan data pengamatan instrumental dan visual menunjukkan peningkatan kegiatan di atas aktif normal.

Peningkatan aktivitas tidak selalu diikuti aktivitas lanjut yang mengarah pada letusan (erupsi), tetapi bisa kembali ke normal.

Penyuluhan ke desa-desa yang rawan terhadap bencana Merapi mulai dilakukan. Termasuk untuk aktivitas 5 km dari puncak Merapi ditiadakan. Status ini masuk level II.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X