Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latih Kemampuan Diplomasi Siswa, Cikal Gelar Simulasi Sidang PBB

Kompas.com - 13/11/2020, 20:13 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Bersekolah dari rumah nyatanya bisa menjadi peluang baru bagi murid untuk mengasah beragam potensi di bidang lain selepas sekolah daring.

Guna mengembangkan kompetensi diplomasi, Sekolah Cikal mengadakan kegiatan Simulasi Sidang PBB atau yang lebih dikenal dengan Cikal Model United Nation (MUN) secara virtual pada 23-24 Oktober 2020.

Pengajar program Individuals and Societies, dan Social and Cultural Anthropology di Sekolah Cikal Setu Devi Natalia mengatakan, kegiatan simulasi PBB ini juga merupakan bentuk pembelajaran yang beorientasi tindakan, artinya murid dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Beasiswa Belajar Data Science dari DQLab UMN, Terbuka untuk Umum

“Di Sekolah Cikal, murid-murid tidak hanya mendapatkan pembelajaran di dalam kelas tapi juga bagaimana mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. Program Simulasi Sidang PBB ini adalah bagian dari aktivitas pembelajaran yang ada di program Social Studies. Dalam hal ini, STUCO (OSIS) yang menjalankannya,” ucap Devi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Hal esensial yang diharapkan dari kegiatan MUN ini, lanjut Devi, pada akhirnya adalah anak-anak sendiri menjadi lebih peduli terhadap isu-isu global yang ada pada saat ini.

Murid Kelas 10 Thalita Izza Nadira yang pernah meraih gelar Best Delegate di Ajang Internasional SimurgMUN 2020 mengatakan kegiatan ini melatih kemampuan diplomasi, kompetensi yang dibutuhkan di masa depan.

Baca juga: ITB Peringkat ke-1 Perguruan Tinggi Inovatif 2020 Versi Kemenristek

Ia juga menekankan bahwa kemampuan berdiplomasi itu tak sekadar soal suara, melainkan gagasan dan ide yang diajukan demi keselamatan dan kedamaian dunia.

"Kegiatan ini harapannya dapat melatih kemampuan teman-teman Sekolah Cikal untuk menjadi diplomatis. Artinya, pribadi yang dapat mendengar sekaligus berani dan juga percaya diri atas tanggapan yang sudah diberikan,” jelas Izza yang juga menjadi Ketua Pelaksana kegiatan Simulasi MUN.

Sementara itu, murid kelas 9 Naira Azra Senen berpendapat, keikutsertaan MUN di Cikal di masa pandemi ini adalah momen untuk mengasah keterbukaan berpikir.

“MUN berfokus dalam berdiskusi, mendengar, dan memahami opini-opini yang dinyatakan oleh para perwakilan (delegates). Bagi saya, MUN sangat terbuka pada opini dan pernyataan para murid, karena itu saya bisa menemukan kepercayaan diri sendiri dalam MUN,” tutur Naira.

Baca juga: 7 Bidang Ilmu Universitas Brawijaya Masuk Peringkat Dunia THE WUR 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com