4 Strategi Optimalisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran di Tengah Pandemi

Kompas.com - 15/11/2020, 19:03 WIB
Para guru matematika rayon Siak memanfaatkan forum musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) virtual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh. DOK. TANOTO FOUNDATIONPara guru matematika rayon Siak memanfaatkan forum musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) virtual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh.

Oleh: Mardiyati | Guru SMPN 4 Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau

KOMPAS.com – Sudah hampir 9 bulan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilaksanakan. Ada banyak upaya dan ujicoba guru dalam menerapkan teknik, strategi, dan metode untuk tetap memberikan pembelajaran kepada para siswa.

Upaya itu juga bukan tanpa kendala. Berbagai kendala tersebut seharusnya menjadi bahasan penting dalam forum musyawarah guru mata pelajaran (MGMP).

Forum MGMP adalah wadah bagi guru untuk berbagi dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Selaras dengan pembelajaran jarak jauh, MGMP juga bisa dilakukan secara virtual.

Dalam kegiatan MGMP matematika secara virtual di Rayon Sungai Apit, kami selalu membahas berbagai kendala untuk dipecahkan bersama, dan juga berbagi keberhasilan PJJ.

Hasil identifikasi kami terhadap masalah PJJ matematika, yaitu rata-rata bentuk penugasan yang diberikan guru hampir semuanya sama. Siswa diminta merangkum materi yang ada di buku paket dan menjawab soal latihan.

Berdasarkan hasil survei pelaksanaan PJJ di sekolah dan madrasah mitra Tanoto Foundation pada Mei 2020, lebih dari 51 persen siswa yang tidak senang belajar dari rumah.

Penyebab tertinggi karena guru terlalu banyak memberi tugas yang kurang bermakna dan kegiatan PJJ yang monoton.

Untuk mengatasi masalah tersebut, guru dapat memanfaatkan forum MGMP. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan melalui MGMP, agar PJJ bisa lebih bermakna dan terjadi perbaikan pembelajaran secara berkelanjutan.

Baca juga: Hari Guru Kemendikbud Gelar Webinar Gratis untuk Guru, Ini Link-nya

1. Identifikasi masalah dan pemecahan

Guru harus peka dengan masalah dan kendala yang dialami dalam pembelajarannya saat pandemi. Melalui MGMP guru dapat mengidentifikasi masalah dan kendala dengan melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar siswa.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X