Kompas.com - 17/11/2020, 17:27 WIB
Ilustrasi olahraga untuk menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19. DOK. PEXELSIlustrasi olahraga untuk menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19.

KOMPAS.com – Di tengah kondisi lockdown akibat pandemi Covid-19, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK) memberikan kiat untuk mahasiswa hidup sehat selama pandemi.

Lewat acara virtual bertajuk “Ngopi (Virtual) Lagi Yuk! Kesehatan Selama Pandemi: Tips Menjalani Lockdown dan Mengenal Kanker & Deteksinya”, Azam David Saifullah sebagai perawat dan narasumber dalam acara ini turut memberikan tips untuk mahasiswa.

“Tips untuk belanja dengan aman di Inggris, yaitu kunjungi di waktu-waktu ketika supermarket lagi sepi. Jangan lupa pakai masker dan jaga jarak ya,” tuturnya pada Jumat (12/11/2020).

Baca juga: 5 Tips Jadi Mahasiswa Tingkat Akhir

Selain tips dari Azam, berikut ini merupakan lima kiat lainnya dari PPI UK untuk menjaga kesehatan pelajar di Inggris saat pandemi Covid-19.

1. Jadilah aktif

Untuk selalu aktif setiap hari, pelajar dapat menggunakan tangga dan menambah jumlah langkah kaki dengan berjalan.

Selain itu, pasanglah alarm pada komputer setiap satu atau dua jam sebagai tanda untuk menggerakkan badan. Jika memungkinkan, siapkan barbel kecil untuk latihan tangan secara ringan.

2. Jagalah tubuh

Dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, pelajar terhitung sudah menjaga tubuh.

National Institutes of Health Inggris menyarankan pelajar untuk melakukan olahraga model apapun selama minimal 2 minggu sekali atau 150 menit per minggu.

Dalam membuat makanan, pelajar bisa menggunakan minyak sehat (olive, canola, atau minyak sayur lain), mengurangi garam, serta memilih memakan karbohidrat kompleks seperti umbi-umbian dan roti gandum utuh atau sereal.

Kurangi juga untuk mengonsumsi gula dalam minuman maupun makanan dan perbanyak konsumsi serat seperti buah, kacang-kacangan, dan sayur. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.