Kompas.com - 23/11/2020, 09:19 WIB
Ilustrasi mencari pekerjaan fizkesIlustrasi mencari pekerjaan
|

KOMPAS.com - Baru lulus kuliah atau menjadi fresh graduate tentu senang karena telah menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Tapi, ada kekhawatiran lain yang biasa dihadapi fresh graduate.

Yakni harus memikirkan mencari pekerjaan. Bahkan harus bersaing dengan mereka para pencari kerja yang telah memiliki pengalaman.

Sementara ada beberapa institusi penerima kerja yang memberikan syarat para pelamar kerja berpengalaman, minimal satu tahun di bidangnya.

Akan tetapi, ada cara yang bisa dilakukan fresh graduate untuk menarik perhatian perusahaan penerima kerja. Tentu salah satunya ialah memiliki beberapa keterampilan.

Baca juga: Jadi Fresh Graduate? Jangan Minder, Ini Lho Keunggulanmu...

Melansir akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Minggu (22/11/2020), ini 4 tips mudah dapat kerja bagi fresh graduate minim pengalaman.

1. Buat CV dan resume kreatif

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebagai fresh graduate agar bisa mencuri perhatian HRD perusahaan adalah membuat surat lamaran kerja (resume) dan curriculum vitae (CV) semenarik mungkin.

Perhatikan pula penggunaan huruf kapital, huruf miring, huruf dicetak tebal, dan tata kalimat sedemikian rupa, sehingga poin-poin penting yang menjadi isi lamaran kerja kamu tersampaikan.

2. Berani dan tidak takut gagal

Sebagai seorang fresh graduate, ditolak di suatu perusahaan adalah hal biasa. Hal ini jangan membuat kamu jadi patah semangat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X